Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
TREN PONSEL

Layar 4 Inci Makin Digemari

Kompas.com - 23/05/2011, 02:55 WIB

AW Subarkah

Telepon seluler canggih tahun ini tidak saja ditandai dengan sistem operasi terkini, seperti iOS 4 untuk iPhone atau Gingerbread (2.3) untuk Android. Selain termasuk penggunaan prosesor dual-core seperti pada LG Optimus 2X, rupanya bentuk atau ukuran juga ikut menandai kehadirannya.

Semula ukuran besar sepertinya terasa terlalu lebar untuk genggaman tangan. Namun, dengan membuat format layar lebar (wide VGA), layar 4 inci pun bisa menjadi mudah digenggam di telapak tangan. Sementara tampilan layar yang relatif besar ini akan semakin nyaman untuk aktivitas multimedia.

Kecenderungan seperti ini rupanya bukan hanya monopoli ponsel keluaran vendor raksasa saja. Perusahaan lokal pun ikut bermain ke sana. Seperti perusahaan CSL Blueberry yang mengandalkan Mi410 berlayar sentuh kapasitif 4,1 inci untuk ikut bersaing dalam bisnis smartphone.

Bukan hanya bentuk yang sekadar mirip-mirip, melainkan juga kemampuan mesinnya juga tidak ketinggalan. Jika ponsel canggih yang belum lama ini meluncur di pasaran, seperti Sony Ericsson Experia Arc, iPhone 4, ataupun Optimus 2X berprosesor 1 GHz, Mi410 juga sudah 1 GHz dengan prosesor Qualcomm Scorpion MSM8255 yang diperkuat RAM 512MB dan memori internal 2 GB serta memori eksternal yang bisa diperbesar hingga 32 MB.

Dalam lingkungan sistem operasi Android, ponsel yang dikeluarkan CSL ini juga sudah menggunakan Froyo (Android versi 2.2). Tentu hal ini akan memberikan pilihan yang semakin bervariasi kepada calon pengguna smartphone, terutama berkaitan dengan faktor harga agar bisa bersaing dengan vendor-vendor raksasa. Harga Mi410 bisa berselisih hingga sekitar dua juta rupiah dibandingkan dengan ponsel keluaran vendor besar.

Kinerja mesinnya juga tidak mengecewakan. Sekarang tinggal jaringan operator yang digunakan yang akan memengaruhi kinerjanya. Jaringan yang lambat akan membuat kinerja ponsel menjadi sangat menjengkelkan tentunya.

Ekonomis

Dari penampilannya, memang sulit untuk membedakan dengan produk-produk vendor terkenal. Tambahan lagi berat yang hanya 143 gram membuat Mi410 tidak banyak berbeda dengan lainnya. Bodi yang berukuran 122 mm x 66 mm x 10 mm serupa dengan ponsel 4 inci lainnya, dan beratnya hanya 4 gram lebih berat dari Optimus 2X.

Secara sepintas agak sulit dibedakan dengan Optimus 2X meski tentu berbeda. Misalnya ketika digenggam Mi410 sedikit terasa agak lain dengan Experia Arc yang bagian belakangnya memiliki lekukan khas Sony Ericsson yang disebut human curvature, selain Experia lebih tipis 1,3 mm dan lebih ringan 26 gram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com