Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Amazon Bakal Hadir Pada Kuartal III-2011

Kompas.com - 08/07/2011, 16:12 WIB

KOMPAS.com - Tablet Amazon menunjukkan tanda-tanda akan hadir dalam jumlah yang besar pada kuartal ketiga tahun 2011 ini.

Menurut laporan spekulatif Digitimes Kamis (7/7/2011) waktu Amerika, jumlah tablet yang bakal masuk di bawah jumlah iPad.

Jumlah tablet Amazon yang akan masuk pasar Amerika, yang berkisar antara 1 juta dan 1,2 juta unit, menurut situs berita teknologi Taiwan, merupakan angka konservatif. Pesanan untuk panel sentuh Amazon malah lebih tinggi, sekitar 2 juta unit.

Sementara jumlah tablet iPad lebih fantastis, tentu saja. Jika tablet Amazon yang masuk pasaran berjumlah 1 juta unit, Digitimes memperkirakan Apple akan memproduksi iPad versi terbaru antara 14 juta dan 15 juta unit pada kuartal yang sama, lebih tinggi 10,5 juta dibandingkan kuartal kedua.

Ini berarti, jika angka Digitimes yang dilansir hari Kamis ini kredibel, tablet Amazon akan berada di atas tablet-tablet berbasis Google Android seperti Acer Iconia Tab A500, Asus Eee Pad Transformer, dan Samsung Galaxy Tab. Semuanya akan hadir dalam jumlah antara 750.000 unit dan 900.000 unit dalam kuartal ketiga tahun ini, kata Digitimes.

Berdasarkan rumor yang beredar, tablet Amazon menggunakan teknologi "E Ink's Fringe Field Switching LCD", yang membuat panel sentuh LCD berwarna, bukan lagi tampilan E-ink hitam putih tradisonal seperti yang selama ini menjadi ciri Kindle.

Meski berada di bawah bayang-bayang kepopuleran tablet iPad, alasan Amazon merilis tablet sendiri juga untuk digunakan sebagai e-reader.

Ketika ditanya oleh Consumer Reports bulan Mei lalu tentang kemungkinan Amazon menjual tablet sendiri, CEO Amazon Jeff Bezos mengatakan, jika Amazon memiliki tablet sendiri, itu tidak akan menggantikan Kindle.

Digitimes menyebutkan jumlah total tablet dengan seluruh brand yang akan dipasarkan pada kuartal III bisa mencapai lebih dari 21 juta unit, lebih tinggi 14 juta dari kuartal II. Pesanan tablet non-Apple diproyeksikan mencapai tujuh juta pada kuartal III. (Digitimes/CNet/KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com