Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pisahkan Alipay, Yahoo! Digugat Investor

Kompas.com - 11/08/2011, 07:56 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Yahoo! Inc digugat para pemegang sahamnya. Pemilik portal web terbesar di Amerika Serikat (AS) ini dianggap telah menyesatkan pemegang saham dalam pemisahan Alipay, bisnis pembayaran online di China, yang dimiliki Alibaba Group Holding Ltd.

Para pemilik saham perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California, itu mengajukan komplain ke pengadian federal San Francisco, Rabu (9/8/2011). Dalam gugatan itu, mereka mengklaim penyedia layanan mesin pencari itu tak mernberitahu mereka hingga 10 Mei bahwa investasi senilai 1 miliar dollar AS di Alibaba terganggu spin-off Alipay.

Sebelumnya, manajemen Yahoo! sendiri berjanji akan memberi informasi kepada investor soal pengalihan Alipay paling lambat 31 Maret 2011. Pasalnya, menurut pengaduan itu, pengalihan ini bakal mengurangi nilai investasi Yahoo! di Alibaba hingga miliaran dollar AS.

Gugatan itu diajukan atas nama Twin City Pipe Trades Service Association yang berpusat di Saint Paul, Minnesota. Sayang, Dana Lengkeek, Juru Bicara Yahoo! tak segera memberi konfirmasi untuk Bloomberg.

Sekadar informasi, Jack Ma, Chairman Alibaba mengalihkan Alipay, salah satu usaha yang semula menjadi bagian Alibaba, ke sebuah perusahaan yang berada di bawah kendalinya. Sebagai pemilik 43 persen saham Alibaba, Yahoo! menentang keras pengalihan kepemilikan Alipay itu. Yahoo! merasa tak diikutsertakan dalam proses pengalihan itu.

Peraturan China yang mempercepat proses spin-off ini, sebenarnya telah melakukan antisipasi pada 2009 lalu. Aturan itu menuntut Yahoo! atau Alibaba untuk melepaskan keterkaitannya dengan Alipay. Namun, Yahoo! gagal membangun strategi untuk memulihkan nilai kepemilikannya di Alibaba.

Sementara itu, pada 29 Juli lalu, Alibaba mengatakan, dua pemegang saham terbesarnya, yakni Yahoo! dan Softbank Corp, perusahaan operator telepon seluler di Jepang, menyetujui sebuah kesepakatan kompensasi. Dalam kesepakatan itu, Alibaba akan menerima 6 miliar dollar AS dari pengalihan Alipay.

Persetujuan ini sekaligus mengakhiri sengketa empat bulan antara Alibaba dan para pemegang saham asingnya, terkait pemisahan Alipay. (Kontan/J. Ani Kristanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com