Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Komputer "Pembocor Wikileaks" Terungkap di Pengadilan

Kompas.com - 20/12/2011, 14:45 WIB

KOMPAS.com Bradley Manning, tentara AS yang dituding membocorkan dokumen rahasia negara kepada Wikileaks, sedang menjalani persidangan. Dari sidangnya, saksi ahli bidang forensik digital mengungkapkan isi komputer yang digunakan Manning.

Agen Khusus David Shaver, yang bekerja untuk Unit Investigasi Kejahatan Komputer Militer, mengatakan, satu dari dua laptop yang dimiliki Manning memiliki folder yang dinamakan "Blue". Folder inilah yang mengandung berbagai bukti yang dianggap dapat memberatkan Manning.

Dalam folder tersebut ditemukan file zip yang berisi 10.000 data diplomatik dalam format HTML dan dokumen spreadsheet dengan tiga tab di dalamnya. Isi ketiga tab itu berbeda-beda, tetapi mengarah pada aktivitas yang sama.

Tab pertama berisi skrip untuk Wget, sebuah program yang digunakan untuk mengunduh file dalam jumlah besar. Skrip yang ada memungkinkan seseorang untuk terhubung langsung ke basis data Net Centric Diplomacy.

Basis data The Net Centric Diplomacy adalah basis data yang di dalamnya terdapat dokumen dari Departemen Luar Negeri AS. Basis data ini berlokasi di jaringan khusus milik militer AS yang bernama SIPRnet.

Tab kedua berisi daftar message record identification number yang merujuk pada kabel Departemen Luar Negeri dari bulan Maret hingga April 2010. Adapun Tab ketiga, informasi yang sama, tetapi untuk kawat dari Mei 2010.

Manning dituduh mengunduh lebih dari 250.000 dokumen kawat milik Pemerintah Amerika Serikat untuk dikirimkan ke Wikileaks. Selain itu, ia juga mengunduh dokumen lain, seperti video yang menunjukkan aksi tentara AS di Irak.

File video itu juga termasuk yang ditemukan Shaver dalam laptop Manning. Terdapat dua video yang ditemukannya, salah satunya sudah pernah diterbitkan oleh Wikileaks dan yang satu lagi belum.

Hal lain yang ditemukan Shaver adalah sebuah skrip Wget yang mengarah ke dokumen hasil penilaian risiko pada tahanan di Guantanamo. Pada April 2011, Wikileaks pernah menerbitkan dokumen tersebut.

Menurut Shaver, dokumen yang diunduh melalui skrip dari komputer Manning adalah sama dengan dokumen yang diunduhnya dari Wikileaks.

Manning juga dikatakan menyimpan beberapa file gambar berformat JPEG. Gambar-gambar itu menunjukkan pesawat tempur AS di medan pertempuran serta foto-foto orang yang tampaknya adalah korban luka bakar.

Meski Shaver berhasil menunjukkan hal-hal yang menghubungkan Manning dengan tuduhan kepadanya, saksi lain telah menunjukkan bahwa prosedur keamanan di jaringan yang digunakan Manning sungguh sangat lemah.

Sidang Manning akan dilanjutkan lagi pada Senin, 26 Desember 2011, waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com