Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"E-Ticketing" KRL, PT KCJ Gandeng 5 Bank

Kompas.com - 02/01/2012, 19:22 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Operator KRL, PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) merencanakan penerapan sistem tiket elektronik (e-ticketing) bagi penumpang KRL. Untuk itu, PT KCJ telah menggandeng lima bank yang akan membantu dalam pemasaran tiket elektronik ini. "Kelima bank itu akan mengeluarkan jenis tiket semacam smart card (kartu pintar). Kelima jenis kartu tersebut dirancang untuk bisa terbaca oleh mesin di loket stasiun," kata Makmur Syaheran, Sekretaris Perusahaan PT KCJ saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Senin (2/1/2012).

Kelima bank dimaksud adalah BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank DKI, dan BCA. Pemilihan kelima bank tersebut didasarkan pada banyaknya nasabah yang dimiliki masing-masing bank dalam wilayah Jabodetabek yang menjadi daerah layanan KRL. "Sistem kartunya seperti SIM Card telepon seluler yang bisa diisi ulang. Jadi, berapa nilai kartu tersebut bergantung pada pengisian yang dilakukan calon penumpang," jelas Makmur.

Kerja sama ini, menurut Makmur, bertujuan untuk memudahkan calon penumpang mengakses tiket dan melakukan pengisian ulang. Kerja sama dengan lima bank tersebut, pengisian ulang bisa dilakukan melalui ATM bank bersangkutan. Hal ini tidak ada kaitan dengan prioritas pada nasabah bank tertentu.

"Karena itu kami menyediakan juga penjualan tiket di stasiun sekaligus tempat isi ulangnya," ujar Makmur.

Tiket KRL ini akan dinamai Commet yang adalah kependekan dari Commuter Electronic Ticketing. Rencananya, sistem tiket elektronik KRL akan diintegrasikan dengan layanan tiket bus Transjakarta. Mengenai hal ini, Makmur mengaku sedang merencanakan pengembangannya bersama pihak pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com