Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Bocorkan Desain Ultrabook Spectre Lewat Video

Kompas.com - 06/01/2012, 17:23 WIB

KOMPAS.com - Beberapa hari menjelang perhelatan teknologi Consumer Electonics Show (CES) 2012 di Las Vegas AS, pada 10 sampai 13 Januari mendatang, Hewlett Packard (HP) memberi sinyal mereka akan memperkenalkan ultrabook 14 inci yang diberi nama Spectre.

Dalam video berjudul HP Spectre Teaser Video yang diunggah oleh situs teknologi The Verge, tidak ada informasi tentang spesifikasi yang disematkan dalam Spectre. Namun, video tersebut menunjukan bahwa Spectre mempunyai ukuran yang super tipis.

Kabar yang didapat dari Federal Communication Commission (FCC), organisasi yang mengatur urusan teknologi informasi Amerika Serikat, Spectre akan menggunakan prosesor Intel dari keluarga Ivy Bridge dan memiliki layar 14 inci.

Spectre akan menjadi ultrabook kedua dari HP, setelah seri Folio yang berlayar 13 inci resmi diluncurkan pada November 2011 silam.

Produk-produk ultrabook akan menjadi primadona di CES 2012 dan akan menantang MacBook Air besutan Apple. Sebanyak 50 ultrabook dari berbagai vendor akan diluncurkan di acara pesta elektronik paling bergensi di dunia itu.

Ultrabook merupakan subkategori baru dari jenis komputer jinjing atau laptop. Bisa disebut sebagai perangkat yang menggabungkan fungsi tablet yang nyaman dibawa ke mana saja dan laptop yang memiliki spesifikasi hardware tinggi. Ketebalannya kurang dari 15 mm, lebih tipis dibandingkan notebook dan netbook. Beratnya juga kurang dari 2 kg.

Harga akan menjadi faktor yang menentukan dalam keberhasilan atau kegagalan Ultrabook. Meski penjualan ultrabook terbilang lesu saat pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2011, namun penjualannya pada 2012 ini diyakini akan melonjak tajam.

Seiring dengan penawaran harga yang makin rendah karena faktor persaingan, penjualan ultrabook niscaya akan mendapatkan antusiasme tinggi berkat peluncuran sistem operasi Windows 8 di tahun 2012 ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com