Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekati Generasi Muda, PM India Gunakan Twitter

Kompas.com - 25/01/2012, 13:28 WIB

KOMPAS.com — Tren penyebaran informasi secara cepat melalui Twitter mulai menjangkiti petinggi negara. Seperti di Amerika, Presiden Barack Obama pernah sukses menggalang suara melalui jejaring sosial.

Yang teranyar, Perdana Menteri India Manmohan Singh mulai menggunakan akun Twitter sebagai upaya menginformasikan pekerjaan yang dilakukannya sehari-hari.

Akun Perdana Menteri Singh yaitu @PMOIndia yang merujuk pada kantor perdana menteri itu bahwa nantinya akan ditangani tim komunikasinya.

Dalam beberapa jam pertama setelah diluncurkan, Perdana Menteri Singh sudah mengirim tiga kali kicauan dan berhasil menarik 6.000 pengikut.

"Banyak pekerjaan sudah dilakukan Perdana Menteri Singh. Ia melakukan perjalanan 30-45 kali setahun. Semua ini tidak terkabarkan secara tepat dan tidak diketahui masyarakat," tutur seorang sumber di kantor perdana menteri (PM).

Akun Twitter ini diyakini bisa membantu melancarkan berbagai informasi dari kantor kerja PM. "Twitter juga mempermudah PM Singh untuk menjangkau anak muda," lanjut sumber tersebut.

Tweet pertama

Tweet pertama PM Singh adalah kutipan pidato yang dia sampaikan di hadapan para pemuda penerima penghargaan keberanian di ibu kota, Delhi.

"Kalian membuat kami semua bangga," itulah kicauan Singh.

Sebelumnya, penasihat komunikasi PM Singh yang baru, Pankaj Pachauri, melalui akun Twitter-nya, mengabarkan bahwa kantor perdana menteri kini memiliki akun Twitter.

Sejumlah orang sudah mulai mengajukan berbagai pertanyaan ke PM Singh melalui Twitter. Salah satunya menanyakan soal apakah reformasi pemilu sudah direncanakan dengan matang. (KONTAN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com