Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Rangkaian Acara Nirmana Award

Kompas.com - 16/02/2012, 16:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nirmana Award, apresiasi bagi desainer muda Indonesia (usia 18 hingga 24 tahun) secara resmi telah digelar mulai hari ini, Kamis (16/2/2012). Ajang ini tak hanya menjadi tempat untuk berkompetisi, tetapi juga edukasi dan memperluas jaringan bagi para desainer muda. Sebelum malam puncak penghargaan, Nirmana Award akan mengadakan serangkaian acara sejak 20 Februari hingga 26 Mei 2012.

Acara pertama yang akan digelar adalah Roadshow di 27 kampus sepanjang Februari hingga Maret 2012. Di Jakarta, roadshow Nirmana Award akan mengunjungi Universitas Tarumanegara, Universitas Paramadina, Universitas Trisakti, Universitas Multimedia Nasional, Indonesia Design School, Universitas BIna Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Institut Kesenian Jakarta, The London School of PR dan Interstudi.

Di Bandung, roadshow Nirmana Award akan mengunjungi Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Nasional. Di Jogjakarta, roadshow akan hadir di Universitas Gadjah Mada, Institut Seni Indonesia, Modern School of Design, dan Universitas Atmajaya. Di Semarang, roadshow akan mendatangi Universitas Dian Nuswantoro, Unika Soegijapranata, dam Universitas Diponegoro.

Roadshow juga akan hadir di Universitas Negeri Solo, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Petra dan Institut Teknologi Surabaya, serta Institut Seni Indonesia di Bali.

Setelah roadshow, barulah pendaftaran kompetisi dibuka. Pendaftaran dibuka sejak Februari hingga April 2012. Pendaftaran akan dibuka di www.nirmanaaward.com sejak 20 Februari 2012. Peserta berusia 18 hingga 24 tahun bisa melakukan pendaftaran dan memasukkan karyanya dalam bentuk soft copy ke website tersebut.

Pendaftaran terbuka bagi siapa saja tanpa batasan profesi. Panitia menetapkan 6 kategori yang bisa dipilih oleh peserta, yakni kategori Ilustrasi, Digital Imaging, Typography, Comic Strip, Desain T-Shirt, dan Motion Graphic.

Acara kedua, adalah pameran komunitas, yang berisi aktivitas kolaborasi antar komunitas kreatif yang digelar 21 hingga 25 Maret 2012. Sedangkan acara ketiga, yakni workshop untuk para finalis, akan digelar pada 24 hingga 26 Mei 2012.

Acara keempat, adalah creative gathering untuk finalis, praktisi, profesional, business owner, dan pelaku industri kreatif. Acara ini digelar tanggal 24 Mei 2012.

Lalu Online Public Vote akan digelar sejak 21 hingga 27 Mei 2012, dimana publik bisa memberikan voting terhadap karya favorit. Pemilihan secara online ini akan mempengaruhi penilaian dari dewan juri. Selama tanggal tersebut, para finalis akan mengadakan pameran karya secara offline di FX Plaza.

Presentasi karya dan talkshow proses kreatif akan digelar pada 26 Mei 2012. Malam puncak penghargaan akan digelar pada 27 Mei 2012.

Saksikan liputan dan wawancara dengan panitia dan juri Nirmana Award dalam program Tekno di Kompas TV. Tekno di Kompas TV tayang setiap Sabtu (23:30 WIB) dan Minggu (11:30 WIB). Dapat juga disaksikan secara live streaming di http://kompas.tv/live/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com