Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Simpsons Jadi Pertaruhan Awal EA di Pasar "Freemium"

Kompas.com - 23/02/2012, 07:41 WIB

KOMPAS.com - Electronic Arts (EA) makin serius menggarap pasar game "gratis tapi bayar" alias Freemium. Diawali dengan game The Simpsons.

Serial kartun The Simpsons telah menghibur para penonton hingga 500 episode lebih. Waralaba The Simpsons telah menjelma berbagai bentuk, termasuk game.

EA sebagai penerbit yang memegang lisensi The Simpsons berniat mengeluarkan game terbaru untuk seri itu di platform iOS (iPhone dan iPad).

Game berjudul The Simpsons: Tapped Out ini menjadi salah satu game andalan EA untuk model bisnis freemium.

Tidak seperti game premium (berbayar) game model freemium disediakan gratis namun ada hal-hal di dalam game yang nantinya memancing pemain untuk membayar.

Dalam hal The Simpsons: Tapped Out, pemain bisa membeli "Donuts" sebagai semacam mata uang dalam game. Gunanya untuk mempercepat proses tertentu.

"Penggemar berat The Simpsons akan mendapat banyak hal di game ini. Kami ingin game ini menjadi salah satu judul game terbesar tahun ini," ujar Bernard Kim, senior vice president of global publishing for social and mobile, Electronics Art.

Lagi-lagi, Homer berulah

Game dimulai dengan tokoh Homer Simpsons yang akibat kecerobohannya menyebabkan ledakan nuklir di kota Springfield.

Tugas gamer adalah membangun kembali kota Springfield sesuai dengan visinya. Homer akan dibantu karakter lain dari film The Simpsons yang akan di-unlock sepanjang perjalanan permainan.

Karakter yang akan pertama kali di-unlock adalah Lisa. Anak sulung Homer ini akan membantunya membersihkan kota.

Setelahnya, seluruh keluarga Simpsons akan muncul dan juga tokoh lain seperti Duffman dan Hans Moleman atau yang lainnya.

Permainan ini bisa dimainkan di perangkat berbasis iOS (iPod Touch, iPhone dan iPad). Versi untuk Android akan menyusul kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com