Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMD Vibe Meluncur, HP Android Pertama Bikinan Pemilik Nokia

Kompas.com - 30/04/2024, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Perusahaan pemegang lisensi merek Nokia, HMD Global resmi meluncurkan smartphone Android pertama buatannya, HMD Vibe di pasar Amerika Serikat, Rabu (24/4/2024).

HMD Vibe meluncur bersamaan dengan HMD Pulse series pada hari yang sama. Kedua lini smartphone Android HMD tersebut memiliki perbedaan di sektor chipset, baterai, dan kamera.

HMD Vibe ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 680 berfabrikasi 6 nm. Dengan begitu, chipset ini hanya mendukung konektivitas 4G, bukan 5G.

Baca juga: 3 Smartphone Pertama HMD Tanpa Merek Nokia Resmi Meluncur

Prosesor delapan inti (octa-core) ini memiliki empat inti Kryo 265 Gold dengan clockspeed maksimum 2,4 GHz, empat inti Kryo 265 Silver dengan clockspeed 1,9 GHz, dan unit pengolah grafis (GPU) Adreno 610.

Sebagai perbandingan, HMD Pulse series ditenagai oleh chipset Unisoc T606 berfabrikasi 12 nm, dengan clockspeed maksimum 1,6 GHz.

HMD Vibe dibekali RAM 6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB. Ini berbeda dari jajaran HMD Pulse dengan pilihan yang lebih bervariasi, yakni RAM 4 GB/6 GB/8 GB.

Untuk daya, ponsel yang menyasar segmen entry-level ini ditopang oleh baterai 4.000 mAh, yang didukung dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 10 Watt (via kabel/wired).

Kapasitas baterai ini lebih kecil dibanding HMD Pulse series dengan baterai jumbo 5.000 mAh. Output pengisian cepatnya sama, kecuali untuk model teratas HMD Pulse Pro yang didukung fast charging 20 Watt.

Baca juga: HP Legendaris Nokia 3210 Bakal Dirilis Ulang Setelah 25 Tahun

Di sektor fotografi, HMD Vibe dibekali kamera utama 13 MP yang ditemani kamera depth 2 MP. Sementara itu, kamera selfie-nya memiliki resolusi 5 MP.

Spesifikasi kamera ini sama seperti HMD Pulse "reguler", tetapi berbeda dari HMD Pulse Plus dan HMD Pulse Pro. HMD Pulse Plus mempunyai kamera utama 50 MP, sedangkan HMD Pulse Pro turut dilengkapi kamera selfie 50 MP.

HMD Vibe mengusung layar IPS LCD berbentang 6,56 inci dengan refresh rate 90 Hz, resolusi 1.480 x 720 piksel, rasio aspek 18.5:9, kerapatan piksel 251 ppi, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 600 nits. Spesifikasi layar ini mirip dengan HMD Pulse.

Desain gawai ini pun identik dengan HMD Pulse, karena sama-sama memiliki modul kamera belakang berbentuk persegi panjang. Di dalamnya, terdapat sebuah lampu LED flash untuk mendukung fotografi dalam kondisi minim cahaya.

Di bagian tengah punggung ponsel, terdapat logo HMD yang berarti ponsel ini digarap oleh perusahaan itu. Kemudian beralih ke bagian depan, terdapat modul kamera selfie yang berbentuk lubang alias punch hole.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan HMD Vibe adalah Android 14. Spesifikasi HMD Vibe lainnya mencakup konektivitas 4G, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 5, sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP52, USB-C, dan jack headphone 3,5 mm.

Harga HMD Vibe

HMD Vibe dijual di Amerika Serikat dalam varian warna hitam (Black) dan biru (Blue). Ponsel ini bakal dipasarkan pada Mei 2024 mendatang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com