Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Sosial Jadi Kompetensi Kerja

Kompas.com - 18/04/2012, 08:25 WIB

KOMPAS.com - Tenaga kerja di era digital dihadapkan pada tantangan baru. Jika 3-4 tahun lalu kompetensi kerja lebih ditekankan pada penguasaan pengetahuan bisnis untuk setiap posisi kerja yang berbeda, kini penguasaan dan penggunaan media sosial lebih dibutuhkan sekaligus menjadi tantangan kerja.

Malla Latif, CEO Portal HR mengatakan survei Society for Human Resource Management (komunitas online terbesar di Amerika Serikat untuk kalangan HR) menunjukkan media sosial diharapkan menjadi kompetensi kerja dan ini menjadi tren mulai 2012.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, kini media sosial merupakan kompetensi yang diharapkan. Yakni bagaimana memaksimalkan karyawan dan perusahaan dengan media sosial," jelasnya kepada Kompas Female di sela kegiatan Portal HR Summit 2012 di Hotel Ritz-Carlton Pasific Place, Jakarta, Selasa (17/4/2012).

Malla memaparkan, tantangan kerja di era kekinian adalah bagaimana menemukan kenikmatan lain dari kegiatan online, agar bisa memberikan dampak positif tak hanya bagi diri sendiri tapi juga perusahaan. Saat ini, lanjutnya belum banyak orang yang mengandalkan atau memaksimalkan media sosial untuk memberikan kontribusi bagi pekerjaan dan perusahaan, karena ketidaktahuan.

Media sosial, semestinya dapat dimaksimalkan sebagai media komunikasi internal dalam perusahaan, alat untuk melahirkan inovasi baru, dan menjadi sarana bagi individu untuk melakukan personal branding.

"Memang butuh waktu bagi individu juga perusahaan untuk bisa memanfaatkan media sosial secara maksimal, apalagi jika masih banyak perusahaan yang melarang pekerjanya menggunakan Facebook karena keterbatasan bandwidth misalnya," jelasnya.

Yang dimaksud media sosial sebagai kompetensi kerja di sini di antaranya Facebook, Twitter, LinkedIn, blog, bahkan Istagram dan Foursquare juga bisa dimaksimalkan untuk mendukung pekerjaan dan menjadi sarana bagi individu dalam berkontribusi terhadap perusahaan.

Tantangan baru dalam memaksimalkan media sosial inilah yang juga disampaikan dalam kegiatan seminar Portal HR. Berlangsung dua hari, 17-18 April 2012, Portal HR Summit yang diadakan untuk kali pertama ini mengangkat berbagai topik unik juga sejumlah tantangan baru bagi HR dan perusahaan di era kekinian. Dihadiri lebih dari 200 peserta per hari, kegiatan ini menjadi salah satu cara menjembatani kalangan HR untuk bisa menjadi agen perubahan dalam perusahaannya, agar tenaga kerja siap dan mampu menghadapi tantangan baru dalam dunia kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com