Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

'Bug' Penghapus Data Ditemukan di Ponsel Samsung

Kompas.com - 26/09/2012, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Ravi Borgaonkar, peneliti Technical University Berlin, Jerman, menemukan celah berbahaya pada ponsel Samsung Galaxy. Tanpa peringatan, celah berbahaya tersebut dapat menghapus semua data di ponsel Galaxy.

Dalam sebuah konferensi keamanan Ekoparty di Argentina pekan lalu, Borgaonkar mengatakan bahwa kerentanan itu terletak pada tampilan antarmuka TouchWiz.

TouchWiz merupakan tampilan antarmuka Android yang telah dikostumisasi oleh Samsung khusus untuk ponsel-ponsel Galaxy.

Menurutnya, ada kode pemrograman berbahaya yang telah beredar di internet, yang bisa membuat ponsel Galaxy ter-reset ke setelan pabrik. Kode pemrograman itu bisa saja disisipi pada sebuah halaman situs web, QR code, koneksi NFC, dan SMS.

Tampilan antarmuka TouchWiz dapat berinteraksi dengan kode data terstruktur USSD, yang menjalankan perintah pada tombol keyboard ponsel Galaxy.

Data di ponsel Galaxy bisa terhapus semua tanpa diketahui pengguna, karena kode pemrograman ini tak meminta izin ataupun notifikasi. Borgaonkar juga mengatakan, celah berbahaya ini berpotensi mengunci kartu SIM.

Solusi dari Borgaonkar, celah berbahaya ini bisa dicegah dengan mematikan "service loading" di menu Settings, serta mematikan QR code dan aplikasi NFC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com