Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelajahi Penjuru Negeri dan Menemukan Uniknya Indonesia

Kompas.com - 02/10/2012, 10:21 WIB

Menemukan hal unik mungkin juga lucu bagi kita adalah sesuatu yang sangat berharga, misalnya saja bahasa, kebiasaan hingga kuliner. Hal-hal unik tersebut akan menjadi kisah-kisah tersendiri yang menarik untuk dibawa pulang dan diceritakan kepada keluarga atau teman di rumah.

Keragaman budaya dan alam Indonesia selain menyimpan keindahan tersendiri ternyata terselip beragam hal unik yang kadang mengundang kelucuan tersendiri. Misalnya saja dalam hal pemahaman makna suatu kata, sering kali terjadi kekeliruan. Sebagai contoh kata "pipis" dalam bahasa Indonesia pipis berarti ingin buang air kecil namun, berbeda artinya untuk orang Bali, "pipis" berarti uang. Belum lagi nama kuliner khas yang unik, seperti makanan dari olahan sagu yang rata-rata banyak dijumpai di Indonesia bagian timur.

Sebagai negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia yaitu lebih dari 740 suku bangsa, melancong mengelilingi nusantara bisa menjadi salah satu cita-cita kita yang patut untuk dilakukan. Banyak pelancong terutama kita sebagai orang Indonesia sendiri belum banyak tahu tentang indahnya pemandangan dan budaya atau enaknya sajian khas setiap sudut di seluruh wilayah Indonesia.

Contohnya Nusa Tenggara Barat atau Lombok, pulau yang banyak hal mirip dengan Bali ini baru mulai dikenal pada dasawarsa tahun 1990-an. Banyak hal tempat-tempat menarik yang yang bisa kita kunjungi di pulau dengan 80% penduduknya adalah suku Sasak ini, misalnya saja pantai Senggigi, deretan pulau Gili (Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan) hingga Taman Nasional Gunung Rinjani.

Menjadi pelancong sejati sudah seharusnya dapat beradaptasi dengan daerah yang kita kunjungi, mempelajari kearifan lokal akan membuat pelancong sejati menjadi lebih cerdas dan banyak pengalaman yang dapat dibagi kepada orang lain. Menangkap setiap hal-hal unik baik dalam bentuk dokumentasi tulisan atau foto menjadikan kita kaya akan informasi dan pengetahuan. Jadi, mulai sekarang siapkan diri kita untuk mulai berkemas dan menikmati indahnya Indonesia. Selalu belajar untuk dapat menangkap setiap momen unik dalam perjalanan.

Selamat menjelajahi negeri seribu pulau ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com