Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Jual Alcoa Merahkan Wall Street

Kompas.com - 11/10/2012, 07:30 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa AS berada di zona merah pada penutupan pasar perdagangan Rabu (10/10/2012) waktu setempat. Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 tertekan 0,6 persen menjadi 1.432,59.

Sehari sebelumnya, indeks acuan AS ini turun 1 persen. Jika dihitung, dalam empat hari belakangan, indeks S&P sudah tergerus 2 persen. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,95 persen menjadi 13.344,97.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa AS. Salah satunya yakni Alcoa Inc yang anjlok 4,6 persen setelah produsen aluminum terbesar AS ini memangkas outlook permintaan global untuk logam tersebut. Hal itu secara langsung menyebabkan outlook kinerja perusahaan ikut negatif.

Selain aksi jual yang melanda Alcoa, penurunan bursa saham AS juga masih disebabkan kecemasan investor mengenai perlambatan ekonomi global.

"Ada ketakutan bahwa akan terjadi musim laporan kinerja yang sangat buruk saat ini. Jika laporan kinerja emiten di S&P 500 lebih baik dari ekspektasi, maka pasar akan memandang hal itu sebagai hal yang positif. Ini permulaan yang bagus namun jalan masih sangat panjang," papar Hank Smith, chief investment officer Haverford Trust Co di Radnor, Pennsylvania. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com