Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimisme Memudar, Wall Street Terpeleset

Kompas.com - 12/10/2012, 07:52 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Meski sempat positif, mayoritas saham yang diperdagangkan bursa AS ditutup negatif pada perdagangan Kamis (11/10/2012) waktu setempat. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 turun kurang dari 0,1 persen menjadi 1.432,84. Kemarin, indeks acuan AS ini juga sempat jatuh hingga ke level terendah dalam sebulan terakhir.

Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,1 persen menjadi 13.326,39. Volume transaksi perdagangan pada hari ini melibatkan 6 miliar saham senilai, setara dengan volume rata-rata tiga bulanan.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa AS. Beberapa di antaranya yakni: Bank of America Corp dan Morgan Stanley yang naik 1,4 persen, serta Nextel Corp naik 14 persen.

Apa yang menyebabkan bursa AS muram? rupanya optimisme pelaku pasar mengenai data pengajuan klaim pengangguran AS memudar. Selain itu, aksi jual yang terjadi pada saham Apple turut menyeret kejatuhan saham-saham berbasis teknologi.

"Pelemahan pada saham Apple terus menjadi fokus investor. Pelaku pasar juga melihat pergerakan rata-rata indeks S&P 50 harian karena kita secara perlahan kembali ke level tersebut," jelas Ryan Larson, head of US Equity trading RBC Global Asset Management Inc.

Catatan saja, indeks S&P 500 telah turun 2,3% sejak mencapai level tertinggi dalam lima tahun terakhir di posisi 1.465,77 pada 14 September lalu. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com