5 Bulan Menjabat, Bos AMD Indonesia "Loncat" ke Intel

Kompas.com - 15/10/2012, 15:02 WIB
EditorReza Wahyudi
Country Head AMD Indonesia Hermawan Sutanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Country Head AMD Indonesia, Hermawan Sutanto yang baru menjabat selama kurang lebih lima bulan, meninggalkan perusahaan pembuat prosesor tersebut.

Hermawan yang ditunjuk menjadi orang nomor satu AMD Indonesia pada 1 Mei 2012 ini, dikabarkan pindah ke pesaing utama AMD, Intel.

Kabar ini dikonfirmasi oleh pihak Intel Indonesia. "Betul," jawab singkat Dhyoti Basuki, PR Manager Intel Indonesia, saat ditanya KompasTekno soal kepindahan Hermawan ke Intel Indonesia, Senin (15/10/2012).

Menurut Dhyoti, Hermawan akan menjabat sebagai Head of Marketing Intel Indonesia dan efektif berkantor di pesaing AMD tersebut, mulai hari ini, Senin, 15 Oktober 2012.

Kepindahan Hermawan Sutanto ini bisa dibilang sangat mengejutkan. Pertama, karena singkatnya Hermawan berada di AMD Indonesia - setelah sebelumnya 7,5 tahun bekerja di Microsoft.

Kedua, kinerja AMD Indonesia sebenarnya sedang bagus-bagusnya. Sejak dipegang Hermawan, berdasarkan GFK, pangsa pasar laptop berbasis AMD di Indonesia meningkat 5,5 persen menjadi 21,6 persen.

Hermawan, saat bertemu KompasTekno dua bulan yang lalu, pun sempat memaparkan strateginya dalam memasarkan laptop-laptop berbasis AMD untuk pasar Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, Hermawan sangat antusias dan yakin, AMD Indonesia di bawah kepemimpinannya bakal membuat kejutan.

Hengkangnya Hermawan dari AMD ini seiring dengan ramainya pemberitaan pengurangan jumlah karyawan di AMD.

Seperti diberitakan sebelumnya, AMD berencana mengurangi jumlah karyawan sebesar 2.340 orang atau 20 persen dari total pegawainya. Pengurangan karyawan ini disebut demi efisiensi pengeluaran.

Apakah kepindahan Hermawan dari AMD ke Intel berkaitan dengan isu di atas?

Sebelum bergabung dengan AMD, Hermawan punya pengalaman kerja internasional selama 7,5 tahun di Microsoft. Jabatan terakhirnya adalah Director of Central Marketing Microsoft Indonesia.

Sebelumnya, Hermawan bertugas mengelola bisnis Windows Commercial untuk pasar berkembang di seluruh dunia. Kala itu ia sehari-hari bekerja di kantor pusat Microsoft di Redmond, Washington, Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.