Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ashley Cole Didenda Rp 1,4 Miliar

Kompas.com - 18/10/2012, 23:24 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Federasi Sepak Bola Inggris menjatuhkan denda 90.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliar kepada bek Chelsea, Ashley Cole, karena komentarnya di Twitter berkaitan dengan kasus tindakan tidak pantas rekan seklubnya, John Terry.

"Pemain Chelsea, Ashley Cole, didenda 90.000 poundsterling setelah ia menerima gugatan FA berkaitan dengan komentar melalui Twitter yang tidak pantas dan/ atau merusak citra sepak bola. Cole yang tidak mengajukan pertemuan personal juga diingatkan untuk berhati-hati dengan sikapnya di masa mendatang," demikian pernyataan FA.

Terry dituduh melakukan pelecehan rasial kepada bek Queens Park Rangers (QPR) Anton Ferdinand pada pertandingan Premier League, di Loftus Road, 23 Oktober 2011.

Kasus itu diproses sampai ke pengadilan. Pada 13 Juli 2012, Westminster Magistrates' Court  menyatakan Terry tak bersalah. Salah satu pertimbangan pengadilan adalah kesaksian Ashley Cole.

FA tidak menerima begitu saja keputusan Westminster Magistrates' Court . Pada 27 Juli 2012, Terry digugat FA telah menyerang Ferdinand dengan kata-kata tak pantas dan berkaitan dengan etnis, warna kulit, dan ras Ferdinand.

FA dan Terry kemudian melakukan serangkaian dengar pendapat dan pada 27 September 2012, FA menyatakan Terry bersalah dan menjatuhkan sanksi skor empat pertandingan dan denda 220.000 poundsterling.

Pada 5 Oktober 2012, FA menyampaikan secara tertulis alasan di balik keputusan tanggal 27 September 2012. Mereka menyatakan Terry menyerang Ferdinand dengan kata-kata rasis. FA juga menilai tidak kuat pembelaan Terry, yaitu bahwa kata-kata yang diucapkannya kepada Ferdinand sama dengan kata-kata yang lebih dulu diucapkan Ferdinand kepadanya.

Dalam proses persidangan itu, FA sempat meragukan kesaksian Cole. Melalui Twitter, Cole menanggapi keraguan FA itu dengan menulis, "Hahahahaa, ya FA, aku berbohong bukan?" Komentar itulah yang diperkarakan FA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com