Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembenahan Tanggul Latuharhary Rampung dalam Dua Hari

Kompas.com - 21/01/2013, 13:14 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembenahan perbaikan tanggul sungai yang jebol di Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, diperkirakan akan selesai dalam waktu dua hari lagi. Tanggul yang jebol itu menyebabkan air di Kanal Banjir Barat meluap hingga membanjiri kawasan sekitarnya.

"Temporary, sih, dalam dua hari juga sudah rapi. Kalau untuk permanen sedang didesain sama Kementerian Pekerjaan Umum," ujar Pranowo, salah satu petugas perbaikan tanggul, ketika ditemui di lokasi, Senin (21/1/2013).

Puluhan petugas dari dinas pertamanan, satpol PP, dan PT Kereta Api Indonesia terus bekerja mengangkut semen dan batu besar untuk menambal tanggul yang jebol serta membersihkan jalan dari lumpur dan pasir. Sedikitnya delapan alat berat disiapkan untuk mengangkat batu-batu besar. Ratusan truk pengangkut pasir dan batu besar beroperasi siang-malam untuk mengirimkan bahan material.

Saat ini tidak ada genangan air di area jebolnya tanggul di Jalan Latuharhary. "Mulai kering banget kemarin. Jumat masih kencang, Sabtu sudah lumayan surut. Mudah-mudahan besok kereta sudah bisa melintas, tapi itu juga masih tahap uji coba," kata Pranowo.

Sementara itu, ruas jalan di depan Stasiun Sudirman mengarah Latuharhary ditutup sejak pagi tadi. Penutupan Jalan Kendal tersebut dikarenakan adanya pembersihan jalan di lokasi tanggul jebol.

Tanggul di Jalan Latuharhary ambrol pada Kamis (17/1/2013) pagi karena tak mampu menahan derasnya aliran air di Kanal Banjir Barat akibat hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Air yang meluap dari tanggul jebol tersebut meluber hingga menggenangi kawasan Jalan Sudirman dan MH Thamrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com