Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S IV Punya Fitur Geser Layar dengan Mata?

Kompas.com - 05/03/2013, 15:48 WIB

 

KOMPAS.com - Selain dipersenjatai hardware yang mumpuni, smartphone terbaru Samsung, Galaxy S IV, juga akan dilengkapi dengan software yang canggih.

Seseorang yang telah mencoba perangkat tersebut mengungkapkan, pengguna perangkat ini dapat menggulirkan (scroll) layar hanya dengan menggunakan mata, tanpa harus menyentuh layar.

Dikutip dari NYTimes, Selasa (5/3/2013), menurut pegawai Samsung yang meminta namanya dirahasiakan, Galaxy S IV akan melacak mata pengguna untuk menentukan ke mana layar akan bergulir.

Sebagai contoh, saat pengguna sedang membaca sebuah artikel dan pandangan mata mereka berada di ujung artikel, software canggih ini akan secara otomatis menggulirkan layar ke bawah untuk menampilkan paragraf selanjutnya.

Sayangnya, sumber rahasia tersebut tidak mau membeberkan teknologi apa yang digunakan untuk mendeteksi pergerakan mata tersebut. Teknologi ini juga belum tentu akan didemonstrasikan pada peluncuran Galaxy S IV pada 14 Maret 2013 mendatang.

Pada bulan Januari 2013 lalu, Samsung memang dikabarkan telah mendaftarkan hak paten di Eropa dengan nama "Eye Scroll". Paten tersebut kemudian didaftarkan juga di Amerika Serikat dengan nama "Samsung Eye Scroll" pada bulan Februari lalu.

Paten ini dideskripsikan sebagai layanan "aplikasi komputer yang mampu mendeteksi pergerakan mata dan menggulirkan layar dari perangkat mobile, seperti ponsel, smartphone, dan tablet".

Galaxy S IV sendiri dikabarkan akan menggunakan spesifikasi yang tinggi. Perangkat ini akan hadir dengan prosesor Exynos 5410 1,8GHz 8 core, RAM 2GB, chip grafis PowerVR SGX 544MP, layar 5 inci, kamera 13 megapiksel, dan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com