Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Didesak Tidak Tutup Google Reader

Kompas.com - 18/03/2013, 07:24 WIB

 

KOMPAS.com — Pengguna setia Google Reader mulai bereaksi terhadap rencana penutupan layanan tersebut. Tak ingin Google Reader ditutup, para pengguna membuat petisi melalui Change.org untuk mendesak Google membatalkan niatnya.

Sekadar catatan, Change.org merupakan situs web yang kerap digunakan oleh warga dunia untuk menyampaikan petisi dan kampanye sosial secara online. Hingga kini, sudah ada beberapa petisi terkait Google Reader di situs tersebut. Namun, hanya ada satu petisi yang mampu menarik banyak tanda tangan.

Adalah Dan Lewis yang membuat petisi berjudul Keep Google Reader Running. Dalam dua hari, Lewis berhasil mengumpulkan 104.000 tanda tangan online.

Sayangnya, jumlah tersebut tampaknya belum cukup untuk mengubah pikiran Google. Sekiranya dibutuhkan 1 juta tanda tangan untuk membuat layanan ini tetap hidup.

Terus menurunnya jumlah pengguna layanan tersebut menjadi alasan utama Google untuk menutup Reader yang sudah berumur 8 tahun.

Google Reader sendiri akan dimatikan per tanggal 1 Juli 2013 mendatang. Hingga tanggal tersebut, Google memberi waktu bagi pengguna untuk memindahkan data ke layanan RSS feed lainnya.

Bagi pengguna yang ingin memindahkan data Reader, Google menyediakan sebuah layanan yang disebut Google Takeout. Pengguna bisa mengunduh data Reader mereka melalui layanan ini. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur ekspor/impor file OPML yang terdapat di bagian setting Reader.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com