Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nvidia Ngambek Tak Diajak Bikin PS4"

Kompas.com - 09/04/2013, 10:54 WIB

Kotaku

KOMPAS.com - Meski sebelumnya membuat chip grafis untuk PlayStation 3, Playstation 4 yang baru diluncurkan oleh Sony, Februari lalu, tidak lagi ditangani oleh Nvidia. Konsol game next-gen ini bakal mengusung prosesor 64-bit Jaguar dari AMD yang memiliki 8 inti.

Sekitar pertengahan Maret lalu, wakil presiden senior divisi konten dan pengembangan Nvidia Tony Tamasi mengeluarkan pernyataan yang isinya mengejek konsol game tersebut.

"Dibandingkan PC gaming, spesifikasi PS4 hanya bisa menandingi komputer kelas low-end," ujar Tamasi ketika itu.

Pihak AMD pun bereaksi. Minggu lalu, direktur hubungan penyedia software independen AMD Neal Robinson mengatakan bahwa Nvidia salah melakukan perbandingan.

"Tentu saja mereka akan melakukan itu. Mereka hanya kesal saja. Bagi kami, dilihat dari desain prosesor, komponen-komponen individual tak bisa langsung dibandingkan begitu saja," ujar Robinson, seperti dikutip dari TechRadar.

Robinson melanjutkan, pihak Sony sengaja memilih AMD karena sudah berpengalaman mengembangkan komponen untuk Xbox 360, Nintendo Wii, serta beberapa konsol game lainnya.

Sony memang memilih Nvidia untuk Playstation 3, tapi untuk Playstation 4, raksasa elektronik asal Jepang ini ingin memakai pendekatan yang berbeda untuk konsol next-gen tersebut sehingga lebih mirip PC dan bersahabat untuk developer game.

Menurut Robinsion, hal inilah yang mampu dilakukan oleh AMD. Tak seperti Nvidia yang menjadi saingannya di dunia pengolah grafis, AMD mengklaim mampu menghadirkan performa tinggi sekaligus efisiensi daya dan manajemen panas yang memadai pada PlayStation 4 melalui chip Jaguar miliknya.

Nvidia sendiri melalui Tamasi mengaku tak mau terlibat dalam pembuatan PS4 lantaran "tak setuju dengan harga yang ditawarkan Sony." Tamasi juga menyebut pihaknya lebih ingin fokus pada pengembangan produk lain yang lebih potensial, bukannya terbatas pada satu konsol game saja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com