Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara "Melanggar Aturan" yang Bikin Nyaman

Kompas.com - 13/04/2013, 22:40 WIB

KOMPAS.com - Ketiga hal ini merupakan hal-hal mendasar yang sebaiknya Anda pertimbangkan dalam memilih karpet di rumah. Pertama, pilih yang disukai. Kedua, lokasi di mana karpet tersebut akan ditempatkan. Serta ketiga, bagaimana merawat karpet tersebut. Anda tentu tahu betul, karpet yang cocok bagi Anda tidak hanya tampak cantik di dalam rumah, namun juga sesuai dengan anggaran.

Ada "aturan-aturan" dalam pemasangan karpet yang harus diperhatikan. Tempatkan "separuh" kaki sofa di karpet dan "separuh" lagi di luar karpet. Ada juga aturan yang mengatakan bahwa untuk beberapa jenis furnitur, Anda harus menempatkan semua bagian furnitur tersebut di atas karpet. Apapun aturan yang pernah Anda dengar, berikut ini cara "melanggar aturan" yang tetap membuat rumah Anda tampak cantik.

1. Sebagai "penyatu" Ini bukan soal jumlah kaki kursi yang berada di area karpet, namun karpet yang berfungsi sebagai "penyatu" berbagai furnitur dalam satu ruangan. Jangan takut menempatkan furnitur atau sofa dengan gaya yang berbeda-beda. Misalnya, sepasang furnitur diletakkan sepenuhnya di atas karpet dan beberapa sofa lainnya hanya sebagian di atas karpet. Menempatkan sebagian sofa di area karpet dapat menyatukan beberapa furnitur yang tampak sedikit berbeda. Cara ini juga baik untuk "mengakali" ukuran ruangan.

2. Ruang besar, perabot kecil Menempatkan hanya sebuah sofa kecil dan satu ottoman di atas sebuah karpet berukuran besar juga ide yang baik. Dengan menempatkan sofa dan furnitur lain sepenuhnya di atas karpet, ruang akan terasa menyatu.

3. "Jauhi" karpet kecil Untuk karpet yang berukuran tidak terlalu besar, sofa dapat disingkirkan ke luar karpet. Biarkan sofa berada di sisi-sisi karpet dan tidak "menginjak"-nya. Jika Anda penyuka corak mencolok, dapat menggunakan karpet berukuran kecil sebagai karpet yang tidak "diinjak" tersebut. Karpet ini memberikan kesan unik tanpa "mengganggu" mata Anda.

4. Sisakan ruang Jika Anda "diwajibkan" memberikan beberapa ukuran area tanpa karpet, lakukanlah hal tersebut untuk memanjakan kaki. Dengan cara ini, kaki Anda akan dimanjakan sekaligus oleh hangat dan lembutnya karpet, serta dinginnya lantai kayu, ubin, atau marmer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com