Kompas.com - 28/01/2014, 10:54 WIB
iPhone 5C AppleiPhone 5C
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sejak diluncurkan, banyak pengamat dan analis yang menduga bahwa penjualan iPhone 5C tidaklah setinggi yang diharapkan oleh Apple. Banyak yang berpendapat, ponsel yang sempat digadang-gadang sebagai iPhone versi murah ini kalah bersaing dengan saudaranya sendiri, yaitu iPhone 5S.

Dugaan tersebut sudah terbukti. Melalui pengumuman laporan keuangan kuartal I tahun 2014, Tim Cook, CEO Apple, mengakui bahwa penjualan iPhone 5C tidaklah begitu menggembirakan.

Meskipun Apple tidak merinci jumlah penjualan iPhone 5C, Cook mengakui bahwa jumlah penjualan dari iPhone 5C merupakan bagian kecil dari total penjualan iPhone secara keseluruhan.

Total penjualan iPhone pada kuartal I ini berhasil memecahkan rekor Apple dengan jumlah 51 juta perangkat. Akan tetapi, nilai tersebut lebih kecil dari harapan pasar di angka 55 juta perangkat.

"Ternyata (penjualan iPhone 5C) berbeda dari yang kita duga," kata Cook, seperti dikutip dari Apple Insider, Selasa (28/1/2014).

Ada sebuah alasan, mengapa iPhone 5C hanya berhasil menjadi bagian kecil dari seluruh penjualan iPhone. Menurut Cook, konsumen ternyata lebih tertarik untuk membeli iPhone 5S.

iPhone 5C sebenarnya merupakan perwujudan lain dari iPhone 5. Keduanya hadir dengan spesifikasi hardware yang tidak jauh berbeda. Yang jadi pembeda, iPhone 5 menggunakan casing berbahan metal, sementara iPhone 5C dengan cangkang plastik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para konsumen sendiri dikatakan lebih memilih iPhone 5S karena hadir dengan berbagai fitur baru dan juga spesifikasi yang lebih tinggi dari iPhone 5C.

"Saya rasa pada 5S, orang-orang lebih tertarik dengan fitur Touch ID (pemindai sidik jari)," kata Cook. "Itu merupakan fitur utama yang menarik orang. Saya rasa, yang berhubungan dengan hal-hal unik lainnya membuat 5S mendapatkan perhatian yang lebih besar dan penjualan yang lebih tinggi."

Cook menolak berkomentar terhadap masa depan dari iPhone 5C. Meskipun begitu, Cook tidak menutup kemungkinan untuk mengubah lini produknya pada masa yang akan datang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.