Sengketa Paten Nokia dan HTC Berakhir

Kompas.com - 10/02/2014, 14:49 WIB
Nokia Associated PressNokia
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan teknologi Nokia dan HTC memilih untuk mengakhiri segala proses litigasi tentang hak paten. Lebih dari itu, mereka sepakat untuk melakukan kerja sama di bidang paten dan teknologi.

Dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, HTC akan melakukan pembayaran kepada Nokia. Kolaborasi antara keduanya akan melibatkan portofolio paten koneksi LTE dari HTC yang di masa depan bisa memperkuat penawaran lisensi Nokia.

Keduanya juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan eksplorasi berbagai peluang kerja sama teknologi di masa depan.

"Kami sangat gembira dengan terciptanya penyelesaian dan terwujudnya kesepakatan kerja sama dengan HTC yang telah sekian lama menjadi pemegang lisensi untuk beberapa paten esensial standar milik Nokia," ujar Chief Intellectual Property Officer Nokia, Paul Melin.

General Counsel HTC Grace Lei berpendapat bahwa Nokia memiliki salah satu portofolio paten terkemuka di industri teknologi.

"HTC menyambut baik lahirnya kesepakatan yang akan menjadikan kami untuk terus fokus pada penciptaan beragam inovasi yang kami persembahkan untuk pelanggan setia," ujar Grace.

Sengketa paten antara Nokia dan HTC berlangsung sejak Maret 2013, di antaranya berlangsung di Amerika Serikat dan Jerman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Amerika Serikat, Nokia menuding HTC melanggar setidaknya 9 paten dan meminta agar regulator memblokir produk HTC. Sementara di Jerman, keduanya terlibat dalam 22 gugatan paten teknologi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.