Jelang "Ajal", Pengguna Windows XP Masih Banyak

Kompas.com - 07/03/2014, 08:37 WIB
Logo booting Windows XP MicrosoftLogo booting Windows XP
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sebulan menjelang "kematian", sistem operasi lawas milik Microsoft, Windows XP, ternyata masih cukup banyak dipakai oleh konsumen.

Menurut Net Market, seperti dikutip dari Arstechnica, Kamis (6/3/2014), pangsa pasar Windows XP secara global untuk sistem operasi secara keseluruhan pada periode Februari 2014 adalah sebesar 29,53 persen.

Bukannya menurun di hari-hari menjelang diberhentikannya dukungan dari Microsoft, pangsa pasar Windows XP tersebut malah menunjukkan sedikit peningkatan dari bulan sebelumnya. Pada Januari, masih menurut Net Market, Windows XP memegang 29,23 persen atau meningkat 0,3 persen.

Arstechnica
Market Share OS periode Februari 2014
Sementara, Windows 8 masih tampak sepi peminat. Pangsa pasar untuk sistem operasi tersebut sebesar 6,38 persen, menurun 0,25 persen dari Januari.

Pangsa pasar tersebut tampaknya berpindah ke sistem operasi teranyar Microsoft, Windows 8.1. Pada Februari, pangsa pasar sistem operasi yang satu ini meningkat hingga 4,3 persen, dari 3,95 persen di Januari.

Secara keseluruhan, sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Windows 7 dengan pangsa pasar sebesar 47,31 persen.

Sistem operasi milik Apple, OS X, memegang 7,69 persen pangsa pasar global.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Windows XP sendiri sudah beredar selama 13 tahun sejak diluncurkan pada 2001 lalu. Begitu Microsoft menghentikan dukungan teknis pada 8 April 2014, lubang-lubang sekuriti pada sistem operasi ini tak akan ditambal lagi sehingga berpotensi membuka celah keamanan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X