Kompas.com - 21/05/2014, 13:43 WIB
XL Axiata KONTAN/ MuradiXL Axiata
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata sedang gencar memperluas bisnisnya dengan menawarkan layanan digital di tahun 2014 ini. Perusahaan telekomunikasi tersebut kini mengincar segmen usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak di industri kreatif untuk menggunakan layanan digitalnya.

Saat ini layanan digital XL menawarkan layanan iklan digital di perangkat mobile (M-Ads), machine-to-machine (M2M), dan komputasi awan (XCloud).

Direktur Digital Services XL, Dian Siswarini mengatakan, pihaknya berusaha memberi dukungan kepada industri kreatif yang dilakoni UKM, karena industri tersebut dinilai mengalami pertumbuhan signifikan.

"Dari mereka kita berharap ada pertumbuhan industri lokal yang signifikan di tahun-tahun ke depan sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi nasional, sekaligus memperkuat daya saing industri lokal dari gempuran produk luar negeri,” kata Dian.

Hingga saat ini bisnis M2M dari XL diklaim mengalami perkembangan yang signifikan, jumlah koneksinya mencapai 442.000 koneksi. EDC (Electronic Data Capture) tetap mendominasi koneksi M2M di XL lalu disusul oleh pengguna AMR (Automated Meter Reading).

Sementara untuk layanan M-Ads, XL mengklaim kini sudah ada sekitar 500 UKM yang memanfaatkan layanan tersebut. Di tahun 2014, perusahaan berharap M-Ads dapat digunakan oleh lebih dari 1.500 UKM dari sektor industri kreatif.

M-Ads dari XL ini menyediakan layanan berbasis lokasi yang dapat melacak keberadaan pelanggan XL dan bersifat sangat lokal. Promosi berbasis lokasi ini dilakukan dengan memanfaatkan jalur SMS dan MMS sebagai media penyampaiannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim M-Ads ini tidak hanya berlokasi di Jabodetabek dan Banten saja. XL telah memperbanyak sumber daya karyawan dalam tim layanan digital di lima wilayah regional, yang meliputi Sumatera dan kepulauan, Jawa Barat-Jawa Tengah-DIY, Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara, serta Kalimantan-Sulawesi-dan Kawasan Timur Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.