Kompas.com - 10/10/2014, 14:12 WIB
Jonathan Ive, Kepala Desain Apple. ist.Jonathan Ive, Kepala Desain Apple.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pro dan kontra seputar pelanggaran hak paten teknologi di industri gadget sepertinya tak pernah surut. Setelah sempat mereda berkat perjanjian "damai" antara Apple dan Samsung beberapa waktu lalu, kini masalah tiru-meniru kembali menyeruak.

Meski tak sampai ke meja sidang, pernyataan Kepala Divisi Desain Apple Jony Ive bisa membuat panas pihak-pihak yang disindirnya.

Jony Ive yang terkenal sebagai otak dari produk-produk keren Apple menyebutkan, pihak-pihak yang menjiplak desain Apple adalah orang yang melakukan pencurian alias maling, dan pemalas.

"Saya sejujurnya melihat praktik (penjiplakan) tersebut sebagai sebuah pencurian," kata Ive dengan sedikit keras, saat diminta berkomentar soal produk Xiaomi yang memiliki desain mirip Apple, seperti dikutip The Verge, Kamis (9/10/2014).

Ive menegaskan tak menyasar Xiaomi secara khusus. Namun, ia sangat marah dan tak tersanjung sama sekali saat produk-produk yang telah dirancangnya bersama Apple telah dijiplak.

Ive menggambarkan kegusarannya dengan bercerita seputar proses perancangan sebuah produk baru, mulai dari siklus pengembangan yang panjang, baru kemudian masuk pembuatan produk.

"Saat membuat sesuatu yang benar-benar baru, misalnya telepon, Anda belum tahu itu akan bekerja atau tidak. Kemudian, Anda merancangnya selama 7 atau 8 tahun, dan lalu ditiru," keluh Ive.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemarahan orang kepercayaan Steve Jobs ini mungkin bisa digambarkan dengan meme yang sedang tren di Indonesia, "sakitnya tuh di sini" dengan gambar orang yang sedang memegang dadanya.

Terakhir, Ive menegaskan kembali, praktik penjiplakan terhadap produk Apple adalah pencurian dan sebuah kemalasan.

Xiaomi dan gadget Apple

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.