Kompas.com - 02/03/2015, 19:13 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
BARCELONA, KOMPAS.com - Salah satu fitur yang mendapat penekanan dari duet smartphone andalan baru Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge adalah kemampuan kamera depan dan belakang. Dengan bukaan (aperture) sebesar f/1.9, kamera kedua perangkat diklaim bisa menghasilkan tangkapan gambar yang cemerlang dalam situasi pencahayaan apapun.

"Bukaan f/1.9 itu untuk kamera depan dengan resolusi 5 megapixel. Kamera belakang juga f/1.9 dengan resolusi 16 megapixel dan fitur optical image stabilizer seperti yang dimiliki Galaxy Note 4," sebut Justin Denison, VP Product Strategy and Marketing Team Samsung America, ketika berbicara dalam acara peluncuran Galaxy S6 dan S6 Edge di Barcelona, Spanyol (1/3/2015).

Denison lantas membandingkan hasil tangkapan foto Galaxy S6 dengan ponsel andalan Apple, iPhone 6 Plus, di sebuah layar besar di panggung.

Terlihat bahwa foto dari Galaxy S6 tampak lebih terang dibandingkan jepreran iPhone 6 Plus. "Ini berkat lensa f/1.9 yang sangat terang tadi," imbuh Denison.

Selain foto, sektor video juga disebut memperoleh manfaat serupa dari penggunaan lensa dengan bukaan besar. Denison menunjukkan hasil rekaman video iPhone 6 Plus yang terlihat gelap, sementara Galaxy S6 lagi-lagi tampak lebih terang.

Oik Yusuf/KompasTekno
Perbandingan hasil foto iPhone 6 Plus (kiri) dan Galaxy S6 yang ditampilkan Samsung di panggung acara Galaxy Unpacked 2015.
Kemampuan kamera Galaxy S6 dan S6 Edge turut mencakup tracking autofocus yang menurut Denison cocok digunakan untuk menangkap gambar subyek yang selalu bergerak, misalnya anak-anak.

Ada lagi fitur "always stand by" di mana aplikasi kamera disebutnya selalu siap meluncur dalam waktu kurang dari 1 detik dengan melakukan double click tombol home.

Galaxy S6 dan S6 s6 Edge rencananya bakal mulai dipasarkan di 20 negara pada 10 April mendatang. Samsung belum merinci berapa harga dari kedua perangkat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.