Internet Cepat Google Dijamin Bawa Iklan

Kompas.com - 07/05/2015, 08:07 WIB
Ilustrasi peningkatan kecepatan dan penghematan bandwidth melalui optimalisasi website yang dijalankan Google untuk mempercepat akses internet di jaringan 2G GoogleIlustrasi peningkatan kecepatan dan penghematan bandwidth melalui optimalisasi website yang dijalankan Google untuk mempercepat akses internet di jaringan 2G
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Pada 14 Mei mendatang, Google akan menggelar ujicoba program percepatan akses website mobile di Indonesia. Optimalisasi laman web untuk bandwidth rendah yang dilakukan dalam program tersebut dijanjikan bisa membuat situs-situs internet lebih cepat diakses, bagi para pengguna mobile yang masih mengandalkan koneksi 2G.

Untuk mencapai tujuan ini, tampilan website disederhanakan melalui transcoding. Elemen-elemen seperti foto, misalnya, akan dikompresi sehingga berukuran lebih kecil dan lebih cepat dimuat di perangkat pengguna.

Tapi Google tidak menghilangkan display iklan di laman web. Menurut Product manager Google Search Hiroto Tokusei, pihaknya memang sengaja tidak menghilangkan iklan di laman yang dioptimalkan untuk ponsel 2G ini lantaran ingin menawarkan cakupan iklan yang lebih luas untuk para pemilik situs web.

"Kalau kami menghilangkan iklan, akan sangat gampang sekali untuk membuat website menjadi 'ringan'. Namun, kami ingin mempertahankan iklan yang muncul di laman pemilik situs," ujar Tokusei kepada KompasTekno melalui konferensi video di kantor Google Indonesia, Selasa (5/5/2015).

Iklan yang muncul di laman hasil optimalisasi, menurut Tokusei, adalah iklan-iklan yang disalurkan melalui platform AdSense Google. Dalam hal ini Google turut bekerjasama dengan jaringan iklan Zedo dan Sovrn yang berbasis di AS. Adapun iklan yang diperoleh lewat jalur lain belum didukung.

Program optimalisasi laman web mobile yang dilakukan Google dijanjikan bisa membantu membawa lebih banyak trafik ke situs-situs web. Para pemilik laman pun bisa menjangkau audiens yang lebih luas lewat penyediaan akses berkecepatan tinggi ke pengguna mobile di jaringan 2G.

"Karena loading laman web lebih cepat, dalam percobaan sebelumnya, kami mencatat peningkatan pageview bisa mencapai setidaknya 50 persen," kata Tokusei, sambil menambahkan bahwa para pemilik situs bisa meningkatkan pendapatan lewat platform AdSense yang menyalurkan iklan ke lebih banyak audiens lewat laman hasil optimalisasi Google.

"Trend perkembangan web menuju ke mobile. Jadi monetisasi di mobile adalah hal yang sangat penting," imbuhnya.

Simulasi

Tokusei berharap para pemilik dan pengelola situs web di Indonesia bakal melihat optimalisasi Google sebagai sesuatu yang bermanfaat. Kendati demikian, dia memaklumi jika ada pengelola yang tak mau laman miliknya dioptimalkan untuk bandwidth rendah oleh Google.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X