Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Google Maps Tahun Lama di HP dengan Mudah, Menarik buat Dicoba

Kompas.com - 29/04/2024, 13:32 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Google Maps punya salah satu fitur yang menarik buat dicoba, yakni rekaman kondisi lokasi dari tahun lama. Rekaman lokasi yang memiliki memori bagi pengguna itu bisa dilihat kembali melalui aplikasi Google Maps di HP (handphone).

Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara melihat Google Maps tahun lama. Sebagai informasi, Google Maps memiliki fitur Street View, yang memungkinkan pengguna melihat kondisi jalan pada peta dalam pemandangan 360 derajat.

Baca juga: Google Maps Bikin Kesasar? Begini Cara Kerjanya

Untuk menyediakan informasi lokasi terkini, pemandangan kondisi jalan pada Street View akan diperbarui secara berkala oleh Google Maps. Meski diperbarui, Street View di tahun-tahun sebelumnya tidak lantas dihapus oleh Google Maps.

Rekaman kondisi jalan dari tahun ke tahun masih disimpan Google Maps. Dengan demikian, pengguna bisa melihat kembali rekaman kondisi jalan zaman dulu, yang mungkin telah mengalami banyak perubahan dari masa sekarang.

Pengguna mememungkinkan untuk bernostalgia dengan melihat kembali kondisi jalan di tahun-tahun yang lebih lama lewat aplikasi Google Maps di HP. Lantas, bagaimana cara melihat Google Maps dari tahun ke tahun?

Jika tertarik mencobanya, silakan simak pejelasan lengkap di bawah ini mengenai cara melihat Google Maps tahun lama di HP dengan mudah.

Cara melihat Google Maps tahun lama di HP

Cara melihat Google Maps zaman dulu melalui HP itu pada dasarnya cukup mudah. Untuk melihatnya, pengguna cukup mengakses fitur Street View pada sebuah lokasi di peta Google Maps.

Baca juga: 2 Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps dengan Mudah dan Praktis

Selanjutnya, pengguna bakal disajikan dengan rekaman kondisi lokasi dari tahun ke tahun. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara melihat Google Maps dari tahun ke tahun lewat HP adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps di HP.
  • Pada bagian “Telusuri di sini” ketik alamat rumah atau lokasi tertentu yang ingin dicek kondisinya dari tahun ke tahun.
  • Selanjutnya, klik opsi “Street View” yang tertera di bagian pojok kiri.
  • Klik bagian peta dan pengguna bisa memperbesar tampilan pada lokasi tertentu.
  • Cek bagian pop up bawah dan klik opsi “Lihat tanggal lainnya”.
  • Setelah itu, Google Maps Maps akan memberikan beberapa rekaman kondisi lokasi atau jalan dari tahun ke tahun.
  • Pilih kondisi peta atau lokasi sesuai tahun tertentu yang ingin dilihat.
  • Pada percobaan KompasTekno, tahun Google Maps pada lokasi yang dipilih, tersedia dari Oktober 2013 hingga saat ini.
  • Pengguna bisa membuat Street View pada masing-masing tahun yang tersedia.

Cara melihat Google Maps dari tahun ke tahunKompas.com/soffyaranti Cara melihat Google Maps dari tahun ke tahun

Cukup mudah bukan cara melihat Google Maps tahun lama di HP? Cara di atas dapat dijadikan hiburan dengan bernostalgia melihat kondisi jalan atau lokasi pada tahun-tahun sebelumnya yang kini mungkin telah berubah.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melihat Google Maps dari tahun ke tahun melalui HP dengan mudah, selamat mencoba.

Baca juga: Cara Kalibrasi Google Maps agar Lebih Akurat di HP Android dan iPhone

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com