Kompas.com - 30/07/2015, 15:58 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Windows 10 secara serentak resmi "melenggang" di 190 negara, termasuk Indonesia, Rabu (29/7/2015). OS ini tersedia secara gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 orisinal selama satu tahun.

Microsoft menyebut sistem operasi teranyarnya ini sebagai yang terbaik sepanjang sejarah Windows. Apa alasannya?

Menurut Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia, salah satu alasan di balik pernyataan tersebut adalah banyaknya fitur mumpuni yang mempersenjatai Windows 10. Salah satunya adalah fitur asisten suara Cortana.

Andreas mengungkapkan, Cortana tidak seperti produk asisten digital lainnya, seperti Siri atau Google Now. Biasanya, aplikasi tersebut hanya menjalankan perintah dari pengguna, seperti mencarikan informasi tertentu di internet atau mencatat jadwal.

Cortana pun bisa melakukan fungsi tersebut. Bedanya, menurut Andreas, Cortana bisa diajak untuk mengobrol. "Cortana, untuk orang kesepian," canda Andreas di acara peluncuran Windows 10 di Jakarta.

"Cortana itu asisten yang bisa untuk ngobrol, disuruh bikin becandaan, bisa. Disuruh menyanyi juga bisa," ujarnya.

Pernyataan itu tidak mengada-ada. Saat KompasTekno mengucapkan kalimat, "Cortana, sing a song," secara otomatis sistem mencari lirik lagu di internet. Setelah ketemu, Cortana pun langsung menyanyikan lagu tersebut.

Selain itu, masih menurut Andreas, Windows 10 kini secara pre-installed sudah dilengkapi dengan aplikasi antivirus buatan Microsoft sendiri, Microsoft Live Essentials. Ia membeberkan, antivirus tersebut memiliki kemampuan pengamanan setingkat grade enterprise. Biasanya, aplikasi untuk enterprise memiliki keamanan yang lebih tinggi dari kelas konsumen.

"Pengguna tidak perlu repot-repot lagi membeli aplikasi antivirus. Antivirus kami sudah Enterprise Grade. Kelas tinggi, biasanya untuk perusahaan," tuturnya.

Pengguna baru Windows 10 pun dikatakan tidak akan kesulitan untuk menggunakan sistem operasi tersebut. Pasalnya, Microsoft mendesain Windows 10 dengan tampilan yang tidak jauh berbeda dari Windows 10.

"Pengguna Windows 7 akan familiar menggunakan OS ini. Saat ini, ada 2 miliar orang menggunakan sistem operasi Windows 7. Windows 7 feel ada di sana (Windows 10)," kata Andreas.

Satu hal yang membuat Windows 10 semakin spesial adalah kembalinya tombol Start. Tombol itu sendiri sempat menghilang di Windows 8 dan akhirnya mendapat protes dari banyak pengguna.

"Start button benar-benar muncul kembali di Windows 10," kata Andreas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.