Pengganti Prosesor "Panas" Qualcomm Meluncur 11 Agustus?

Kompas.com - 07/08/2015, 12:44 WIB
Ilustrasi Qualcomm Snapdragon QualcommIlustrasi Qualcomm Snapdragon
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 820 dikabarkan akan meluncur pekan depan. Model terbaru ini mereka buat sebagai penerus sekaligus solusi terhadap masalah overheat pendahulunya, yaitu Snapdragon 810.

Acara peluncuran tersebut, seperti dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (6/8/2015), perusahaan AS itu akan meluncurkannya dalam sebuah acara di Los Angeles, AS. Tepatnya pada 11 Agustus 2015.

Sejauh ini desas-desus yang beredar mengungkap bahwa Snapdragon 820 dibekali dengan Kryo cores, yaitu inti pemrosesan rancangan Qualcomm sendiri. Jika hal tersebut benar adanya, prosesor ini bisa diibaratkan sebuah upaya comeback yang serius.

Biasanya, Qualcomm hanya membuat desain sendiri saat menangani CPU high end atau dengan tujuan khusus. Contohnya adalah Snapdragon 805, salah satu lini high end yang diisi dengan CPU Krait hasil modifikasi mereka.

Snapdragon 810 berbeda. Prosesor ini adalah seri pertama yang keluar dari kebiasaan CPU custom mereka dan memakai arsitektur big.LITTLE dari ARM.

Alasan Qualcomm melakukan itu adalah rencana mereka untuk mulai mengadopsi arsitektur 64 bit ARMv8, yang berarti harus memakai desain CPU baru.

Sayangnya, Snapdragon 810 tersebut dihantui masalah overheat. Meski sudah berusaha memecahkannya, tampaknya kasus overheat tetap saja melekat padanya.

Dengan demikian, Snapdragon 820 diharap-harap supaya menjadi solusi bagi masalah tersebut dan diperkirakan akan mulai diadopsi dalam smartphone keluaran 2016 mendatang. Informasi yang beredar menyebut prosesor baru ini memiliki empat inti pemrosean, GPU Adreno 530, modem MDM9x55 LTE Cat.10 dan dibuat melalui proses FinFET 14 nm Samsung atau 16 nm TSMC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.