Selamat Tinggal, Alasan Tidak Tahu Dibagi File di Google Drive

Kompas.com - 06/11/2015, 10:39 WIB
ilustrasi

KOMPAS.com - Layanan cloud Google Drive diperbarui untuk membuat pengguna "ngeh" jika ada file yang dibagi ke akunnya.

Dilansir KompasTekno, Jumat (6/11/2015) dari TheNextWeb, Google kini memunculkan notifikasi lewat ponsel, baik Android atau iOS, ketika ada file atau folder yang dibagi pengguna lain ke akun Anda.

Pembaruan ini memang sederhana, namun diklaim dapat jauh memudahkan pengguna dalam aktivitas pembagian file secara maya. Sebelumnya, pemberitahuan hanya didapat melalui e-mail.

Alasan tak menyadari dapat file di Google Drive telah diterima tak bisa lagi dipkai. Dengan begitu, produktivitas juga bakal meningkat.

Selain membubuhkan notifikasi, Drive untuk Android juga kini memudahkan pengguna untuk meminta izin mengakses file dari akun Drive orang lain.

Cukup tekan tombol 'request access', si empunya file bakal diberitahu bahwa seseorang meminta izin untuk mengakses file tersebut. Pengguna pun diberi otoritas untuk memberi izin atau tidak.

Kemudahan lain dalam pembaruan Drive adalah file yang dibagi bisa diintip (preview) isinya tanpa perlu punya atau login ke akun Google.

Pembaruan-pembaruan ini sedang dikembangkan, namun belum sepenuhnya bisa diakses. "Beberapa fitur sudah tersedia. Yang belum mendapat pembaruan, akan segera menyusul beberapa minggu mendatang," kata perwakilan Google.


EditorReza Wahyudi

Close Ads X