"Hacker" Anonymous Janji Buru Pelaku Teror di Paris

Kompas.com - 16/11/2015, 14:15 WIB
Anonymous #Op Charlie Hebdo YouTubeAnonymous #Op Charlie Hebdo
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Kelompok peretas Anonymous mendeklarasikan perang terhadap kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) setelah penyerangan penembakan dan pengeboman terjadi di kota Paris, Perancis, Jumat (13/11/2015) malam waktu setempat.

Video deklarasi perang tersebut diunggah ke situs YouTube pada Sabtu (14/11/2015) dengan akun Anonymous Nord.

Dalam video tersebut, perwakilan Anonymous yang mengenakan topeng khas-nya mengatakan dalam bahasa Perancis, mereka akan menggunakan pengetahuannya untuk "menyatukan kemanusiaan" sekaligus memperingatkan para teroris.

"Bersiaplah menyambut kami," demikian pesan tersebut disampaikan, seperti dikutip KompasTekno dari The Mirror, Senin (16/11/2015).

"Anonymous dari seluruh dunia akan memburumu. Kalian harus tahu, kami akan mencari kalian dan tidak akan melepaskan kalian. Kami akan meluncurkan operasi terbesar melawan kalian," ujarnya.

"Bersiaplah menyambut serangan cyber yang masif. Perang telah dideklarasikan. Bersiaplah," imbuhnya.


Selain itu, akun Twitter Anonymous (@GroupAnon) pada Senin (16/11/2015) pagi juga menulis, "Make no mistake: #Anonymous is at war with #Daesh. We won't stop opposing #IslamicState. We're also better hackers. #OpISIS."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ancaman perang cyber oleh kelompok Anonymous ini bukan yang pertama. Sebelumnya, kelompok peretas tersebut juga pernah melakukan hal yang sama setelah serangan terjadi di kantor redaksi Charlie Hebdo, Januari lalu.

Aktivis tersebut melakukan operasi dengan memublikasikan daftar akun Twtter yang diklaim menyebarkan propaganda mendukung ISIS.

Adapun ISIS telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan sedikitnya 127 orang dan melukai 300 lainnya di beberapa wilayah di kota Paris.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.