XL Perkenalkan DigiBiz, Aplikasi Pengembangan Usaha

Kompas.com - 02/12/2015, 17:18 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata meluncurkan sebuah aplikasi DigiBiz yang ditujukan untuk bisnis usaha kecil menengah (UKM) dan masyarakat umum yang baru memulai usaha. Pengguna bisa memakainya sebagai salah satu solusi membesarkan usahanya.

Kendati ditujukan untuk UKM, XL merilisnya ke Google Play Store sehingga siapa pun yang ingin mencoba bisa langung mengunduh dan memakainya.

"Kami ingin berperan aktif mendorong kalangan UKM untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitasnya. Kami mau UKM bisa berkembang dan memiliki pasar yang luas lewat digital," terang Chief Digital Services Officer XL, Ongki Kurniawan di sela acara Pesta Wirausaha, Rabu (2/12/2015).

Pelaku UKM bisa memakai DigiBiz untuk mengiklankan produk mereka menggunakan teks dan foto dalam aplikasi, juga membeli berbagai solusi digital.

Misalnya solusi iklan mobile AdReach, software Mobex yang dapat dipakai untuk mengelola nomor hotline, hingga paket LeapFrog untuk mengelola iklan yang ditayangakn melalui SMS dan banner.

Namun layanan yang diberikan tidak sebatas iklan saja. Menurut Ongki, mereka akan memperluasnya dan bekerja sama dengan bank agar bisa memberikan pinjaman modal untuk para pengusaha baru.

"Soal solusi keuangan, sudah ada beberapa bank yang mau masuk, tapi saya belum bisa sebutkan sekarang. Nanti menggunakan platform yang sama (DigiBiz), pengguna bisa sekaligus mencari pendanaan untuk membantu pengembangan bisnis," imbuhnya.

XL menyiapkan dana sekitar Rp 500 miliar untuk mengembangkan aplikasi DigiBiz selama tiga tahun ke depan. Operator telekomunikasi itu juga merangkul komunitas Tangan di Atas yang beranggotakan kurang lebih 10.000 UKM.

Mereka menarget, dalam rentang stu tahun beroperasi bisa mendapatkan 20.000 UKM pelanggan DigiBiz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.