Samsung Galaxy S7 Sudah Dukung Vulkan API, Apa Itu?

Kompas.com - 22/02/2016, 14:41 WIB
Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dilengkapi dukungan Vulkan API Fatimah Kartini BohangSamsung Galaxy S7 dan S7 Edge dilengkapi dukungan Vulkan API
|
EditorReza Wahyudi

BARCELONA, KOMPAS.com - Tak melulu soal kamera, lini Samsung Galaxy S juga makin serius pada sektor game. Itikad ini dituangkan lewat fitur "game launcher" dan "game tools" yang terbenam pada Galaxy S7 dan S7 Edge.

Kedua ponsel baru saja diluncurkan dalam acara bertajuk "Samsung Galaxy Unpacked" yang turut dihadiri KompasTekno, Minggu (21/2/2016) di Barcelona, Spanyol.

Selain dari sisi antarmuka, Galaxy S7 juga memanjakan gamer dengan dukungan ke pemograman "Vulkan API 1.0" yang tak lain merupakan generasi penerus "Open GL ES".

Apa itu Vulkan API?

Vulkan adalah pemrograman yang diluncurkan Khronos Group sejak tahun lalu, kompatibel dengan sistem operasi Android, Windows, dan Linux.

Game-game hasil pemrograman Vulkan dikatakan lebih efisien dari segi penggunaan prosesor. Pasalnya, Vulkan memiliki pengaturan GPU dan CPU yang lebih mumpuni ketimbang Open GL.

Selama bertahun-tahun, Open GL telah menjadi standar pemrograman, dengan kapabilitas untuk prosesor inti tunggal (single core).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, prosesor yang ramai di pasaran saat ini adalah prosesor-prosesor banyak inti (multi-core). Mulai dari empat inti, enam inti, hingga delapan inti.

Nah, Vulkan API adalah "belahan jiwa" untuk memaksimalkan manfaat dari prosesor multi-core tersebut.

Ibarat birokrasi anti ruwet

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X