Hewlett-Packard Enterprise Dikabarkan Bakal Dibeli Rp 523 Triliun

Kompas.com - 01/08/2016, 16:00 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan pengelola investasi termasuk KKR, Apollo Global Management, dan Carlyle Group, dikabarkan ingin membeli seluruh saham milik raksasa TI Hewlett-Packard (HP) Enterprise.

Dikutip KompasTekno dari The Information, Senin (1/8/2016), sumber yang dekat dan telah berbicara dengan perwakilan perusahaan di atas, nilai pembelian tersebut bisa mencapai lebih dari 40 miliar dollar AS atau sekitar Rp 523 triliun.

Pembelian saham HP Enterprise diyakini bisa membuat citra perusahaan menjadi positif. Sebab selama ini, HP Enterprise yang dikenal sebagai penjual server dan storage terbesar mengalami kesulitan bersaing.

HP Enterprise mendapat tekanan dari perusahaan-perusahaan yang menjual layanan cloud (komputasi awan), seperti Amazon Web Services, Microsoft Azure, dan Googles Cloud Platform.

Perusahaan-perusahaan cloud tersebut tidak menggunakan atau membeli server milik HP Enterprise, melainkan dari perusahaan-perusahaan server murah buatan pabrikan Asia.

Hewlett-Packard Enterprise adalah perusahaan pecahan dari HP yang khusus menjual perangkat data center dan aplikasi terkait dengan layanan server.

Sementara itu, perusahaan pecahan HP lain adalah HP Inc. yang berkonsentrasi dalam bisnis penjualan PC dan perangkat printer.

CEO Hewlett-Packard, Meg Whitman mengumumkan pemecahan dua unit bisnis HP tersebut pada Oktober 2014 lalu. Whitman juga yang bertanggung jawab sepenuhnya atas HP Enterprise.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.