Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BliBli Resmi Beli Dekoruma Rp 1,16 Triliun

Kompas.com - 25/06/2024, 07:57 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform e-commerce BliBli resmi membeli perusahaan (akuisisi) e-commerce yang bergerak di bidang Home & Living, Dekoruma senilai Rp 1,16 triliun.

Menurut lembar keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), emiten dengan kode "BELI" ini resmi mengakuisisi Dekoruma pada Kamis, 20 Juni 2024.

Dalam transaksi ini, induk BliBli, PT Global Digital Niaga Tbk mencaplok 26.167 lembar saham seri C atau 99,83 persen kepemilikan saham di PT Dekoruma Inovasi Lestari (DIL), yang tercatat atas nama Dekoruma Pte Ltd (DPL).

Adapun rincian nilai transaksi akuisisi Dekoruma oleh Blibli adalah Rp 1.169.703.958.714.

Manajemen BliBli berharap akuisisi Dekoruma ini dapat memberikan dorongan atau stimulus bagi bisnis perseroan, khususnya dalam ranah produk home and living.

Hal itu sejalan dengan upaya perseroan untuk menyesuaikan dan menyelaraskan jalur perdagangan daring (online) dan luring (offline).

Baca juga: Blibli Melantai di Bursa 7 November, Tawarkan Harga Rp 410-Rp 460 Per Saham

“Sehingga perseroan bersama dengan PT DIL dapat berkembang menjadi perusahaan yang terintegrasi di bidang perdagangan, baik secara daring maupun luring,” kata manajemen BliBli dalam keterbukaan informasi, dikutip KompasTekno dari laman BEI, Selasa (25/6/2024).

Saat ini, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Home & Living, Dekoruma menyediakan beragam produk furnitur (sofa, meha, tempat tidur, dll), dekorasi rumah (hiasan dinding, dll), hingga berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya seperti karpet, lampu, dan sebagainya.

Dekoruma juga dikenal memiliki furnitur dengan konsep desain Skandinavia yang minimalis dan fungsional.

Setelah akuisisi rampung, BliBlu berencana untuk mengembangkan jalur perdagangan online dan offline Dekoruma.

Baca juga: Blibli Buka 4 Gerai Apple Store di Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Semarang

Perseroan akan bekerja sama untuk memperluas jangkauan kategori produk home and living, serta mengintegrasikan jalur perdagangan online dan offline guna menciptakan sinergi yang optimal di antara keduanya.

BliBli membeli Dekoruma dua tahun setelah IPO. BliBli resmi melantai (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada November 2022 dengan ticker "BELI".

Saat IPO, saham BliBli dijual seharga Rp 450 per lembar saham. Per Selasa (25/6/2024), saham BliBli diperdagangkan di level Rp 464 per lembar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com