Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"PHP" Apple ke Indonesia, Sudah Bertemu Jokowi Malah Buka Apple Store Duluan di Malaysia

Kompas.com - 24/06/2024, 13:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apple Fanboy (penggemar berat gadget Apple) di Negeri Jiran boleh bersenang hati karena Apple Store resmi dibuka di Malaysia. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan Apple Fanboy di Indonesia yang harus menelan kenyataan pahit.

Bagaimana tidak, April lalu, CEO Apple, Tim Cook jauh-jauh pergi ke Indonesia dan bertemu langsung oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam rangka menebar janji investasi untuk Tanah Air.

Baca juga: Apple Jelaskan Kenapa iPhone Lawas Tak Kebagian Fitur AI

Akan tetapi, Apple seakan “PHP” (Pemberi Harapan Palsu) dan malah membuka Apple Store duluan di negara tetangga. Padahal, toko resmi gadget Apple itu merupakan salah satu bentuk kehadiran Apple yang paling dinanti-nanti di Tanah Air.

Apple Store ketiga di Asia Tenggara bukan di Indonesia

Di wilayah Asia Tenggara, Apple Store hanya terdapat di tiga negara, termasuk yang baru buka di Malaysia. Apple Store Malaysia menjadi Apple Store ketiga yang dibuka di wilayah Asia Tenggara.

Sebagai informasi, Apple Store pertama di Malaysia yang bernama "Apple The Exchange TRX" sudah mulai dibuka sejak Sabtu kemarin, 22 Juni 2024 pukul 10.00 waktu setempat.

Sisi depan Apple Store The Exchange TRX di Kuala Lumpur, Malaysia, yang terhubung dengan atrium utama mal The Exchange TRX.Apple Sisi depan Apple Store The Exchange TRX di Kuala Lumpur, Malaysia, yang terhubung dengan atrium utama mal The Exchange TRX.

Apple Store ini bertempat di dalam pusat belanja (mal) The Exchange TRX yang beralamat di L1.40 The Exchange TRX, Persiaran TRX, Tun Razak Exchange, 55188 Kuala Lumpur.

Jauh sebelum Apple Store Malaysia hadir, Apple telah lama membuka Apple Store di dua negara tetangga Indonesia, yakni Singapura dan Thailand. Apple Store Singapura atau Apple Orchard Road dibuka pertama kali pada 27 Mei 2017.

Sekitar setahun berikutnya, Apple Store Thailand atau Apple Iconsiam resmi dibuka pada 7 November 2018. Setelah lebih dari lima tahun, Apple akhirnya membuka Apple Store ketiga di wilayah Asia Tenggara, yakni di Malaysia, bukan di Indonesia.

Apple Store yang telah lama dinanti di Indonesia

Kehadiran Apple Store di Malaysia mungkin cukup mengecewakan Apple Fanboy di Indonesia. Apple Store telah lama dinanti-nanti kehadirannya di Tanah Air karena bakal menguntungkan pengguna.

Salah satu contoh keuntungan jika Apple Store dibuka di Indonesia adalah pengguna bisa mengakses layanan purna jual (after sales) dengan lebih mudah. Jika terdapat kerusakan pada produk Apple yang dibeli, pengguna bisa dengan cepat mengeklaim garansinya.

Kemudian, keuntungan lainnya adalah pengguna bisa mendapatkan gadget Apple yang baru dirilis dengan waktu yang lebih cepat. Jika ada Apple Store di Indonesia, Jadwal peluncuran gadget baru di Indonesia akan sama atau setidaknya tidak jauh dari jadwal peluncuran global.

Dengan keuntungan itu, tak heran jika kehadiran Apple Store dinanti-nanti di Indonesia. Saat lawatan Tim Cook ke Indonesia, banyak warganet yang menyampaikan harapan agar Apple Store di Indonesia pada akun X resminya dengan handle @tim_cook.

Tak cuma warganet, pemerintah bahkan juga turut meminta Tim Cook untuk Apple mau membuka Apple Store di Indonesia.

Saat Tim Cook ke Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi sempat menjelaskan respons Apple terkait permintaan pembukaan Apple Store di Indonesia.

Saat ditemui di kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024), Budi mengatakan bahwa Apple tidak langsung "mengiyakan" untuk membuka Apple Store di sini, lantaran memiliki sejumlah pertimbangan tersendiri.

Baca juga: Melihat ke Dalam Apple Store Pertama di Malaysia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com