Coolpad: Mau Zoom Kamera di Smartphone, Jalan Kaki Saja!

Kompas.com - 27/04/2017, 19:05 WIB
Kedua kamera di punggung Coolpad Cool Dual sama-sama memiliki resolusi 13 megapiksel. Satu kamera untuk menangkap foto warna, lainnya monokrom. Jepretan keduanya digabungkan menjadi satu frame akhir (berwarna) dengan kualitas lebih tinggi ketimbang hanya menggunakan satu unit kamera.                               KOMPAS.com/Oik YusufKedua kamera di punggung Coolpad Cool Dual sama-sama memiliki resolusi 13 megapiksel. Satu kamera untuk menangkap foto warna, lainnya monokrom. Jepretan keduanya digabungkan menjadi satu frame akhir (berwarna) dengan kualitas lebih tinggi ketimbang hanya menggunakan satu unit kamera.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartphone terbaru dari Coolpad yang baru meluncur di Indonesia, Cool Dual, dibekali teknologi kamera ganda di bagian punggung. Kamera pertama menangkap gambar warna (RGB), sementara kamera kedua menjepret monokrom. Hasil tangkapan dua kamera ini lantas digabungkan ke dalam satu frame.

Teknik tersebut diklaim bisa meningkatkan kualitas hasil akhir foto dengan memunculkan detail yang lebih tinggi, sekaligus menekan tingkat noise dan meningkatkan kecerahan gambar.

CEO Coolpad Group Jeff Liu mengungkapkan bahwa sebenarnya di pasaran smartphone sekarang terdapat beberapa pendekatan teknologi kamera ganda berbeda. Pendekatan pertama adalah dua lensa dengan focal length berbeda seperti iPhone 7 Plus (lensa standar dan tele) dan LG G6 (lensa standar dan wide).

Ada juga pendekatan yang menggabungkan hasil gambar dua kamera warna dan monokrom seperti yang dilakukan Huawei dengan seri P10. Pendekatan inilah yang dipilih oleh Coolpad lewat produk Cool Dual. Liu mengatakan kualitas gambar lebih penting ketimbang kemampuan zoom.

"Kalau Anda ingin zoom lebih dekat dengan kamera ponsel, Anda sebenarnya tinggal jalan saja dengan kaki untuk mendekati subyek. Buat saya kualitas lah yang terpenting," kata Liu dalam sesi wawancara usai acara peluncuran Coolpad Cool Dual di Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Di samping itu, menurut Liu, lensa fixed (dengan satu focal length) selalu memberikan hasil foto lebih baik ketimbang lensa zoom. "Saat memotret dengan kamera digital pun, saya lebih suka pakai lensa fixed dibanding zoom lantara kualitasnya yang lebih tinggi itu," imbuh Liu yang mengaku sebagai penggemar fotografi.

Beda pasar

Selain Cool Dual yang memiliki dua kamera di bagian belakang, Liu turut mengungkapkan rencana pihaknya merilis ponsel yang dilengkapi kamera selfie ganda di sisi muka. Produk ini rencananya akan meluncur di Indonesia dalam waktu beberapa bulan ke depan.

KOMPAS.com/Oik Yusuf Jeff Liu, CEO Coolpad Group

Liu mengatakan ada perbedaan pasar antara ponsel yang mengusung kamera ganda di belakang dan di depan. Ponsel dual selfie camera disebutnya lebih cocok untuk kalangan pengguna perempuan yang doyan swafoto.

"Sementara, kalau pengguna laki-laki sepertinya lebih jarang selfie dan lebih mementingkan kemampuan fotografi kamera utama di punggung ponsel," tuturnya.

Dengan banderol Rp 3,2 juta, harga Coolpad Cool Dual terbilang bersaing di pasaran ponsel berkamera ganda. Kedua kamera Cool Dual tidak dilengkapi dengan peredam goyangan alias Optical Image Stabilizer (OIS). Liu mengatakan fitur tersebut akan dihadirkan di produk lain yang kelasnya beda.

"Optical Image Stabilizer itu dipasangkan di smartphone kami untuk segmen high-end," tandasnya.

Baca: Coolpad Janjikan Smartphone Selfie Dual Camera Rp 3 Jutaan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X