Video Detik-detik Kamera GoPro Tertelan Lava

Kompas.com - 09/11/2017, 14:09 WIB
Kamera GoPro milik Erik Storm yang terkena lelehan lava. Erik StormKamera GoPro milik Erik Storm yang terkena lelehan lava.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Erik Storm, seorang pemandu wisata di Hawaii, suatu ketika meletakkan sebuah kamera aksi GoPro di celah batu untuk merekam lelehan lava di gunung berapi Kilauea.

Dia sedang bercerita kepada wisatawan ketika aliran lava tiba-tiba menerjang kamera mungil tersebut. Panasnya suhu lava pun mulai melelehkan sang GoPro.

Storm terlambat menyadari kejadian tersebut sehingga kamera GoPro -atau tepatnya housing alias cangkang plastik yang dipakai melindungi kamera- sempat terbakar beberapa saat.

“Saya menggunakan martil geologi untuk mengambilnya. Saya pikir riwayat kamera itu sudah tamat,” ujar Storm, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (9/11/2017).

Baca juga : Resmi Masuk Indonesia, Berapa Harga Kamera Aksi GoPro Hero 6?

Kerusakan yang ditimbulkan cukup parah. Bagian depan housing tampak sudah meleleh total dan menyatu dengan bodi kamera. Kaca pelindung lensanya retak dan sedikit membengkok, tapi masih berbentuk persegi.

Setelah kamera mendingin dan dibawa ke rumah, Storm menggunakan palu untuk memecahkan lava beku di sekitar kamera. Tiba-tiba dia menyadari bahwa lampu indikator Wi-Fi di kamera masih menyala.

GoPro itu ternyata masih berfungsi, meskipun tidak sepenuhnya normal. Storm kemudian mencoba mengambil kartu memori di dalamnya dan menemukan bahwa file video rekaman kamera masih bisa diakses pula.

Rekaman video memperlihatkan detik-detik aliran lava mendekati kamera GoPro milik Storm. Perangkat itu mulai terbakar saat hampir bersentuhan dengan lava.

Storm kemudian terlihat dalam video dan berupaya mendinginkan kamera dengan merendamnya ke dalam air. Rekaman selengkapnya bisa dilihat di bawah.

Baca juga : Setelah Hero 6, Drone GoPro Karma akan Menyusul Masuk Indonesia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PetaPixel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X