MacOS Ketahuan Punya "Bug", Bisa Login sebagai Admin Tanpa Password

Kompas.com - 29/11/2017, 15:51 WIB
Tampilan macOS Sierra pada Mac. Newsroom AppleTampilan macOS Sierra pada Mac.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sistem operasi desktop terbaru Apple, MacOS High Sierra mulai bisa diunduh pada akhir November 2017 lalu. Namun kini, sebuah lubang keamanan (bug) besar ditemukan di sistem operasi yang menjalankan komputer dan laptop buatan Apple ini.

Bug ini terdapat di bagian User & Groups dari menu System Preferences, memungkinkan siapa saja mengakses kontrol administratif komputer, tanpa membutuhkan password.

Di komputer yang menjalankan MacOS High Sierra (entah itu Mac, MacBook Air, atau MacBook Pro) yang tidak terkunci, seseorang bisa mendapat akses root-user hanya dengan mengetik "root" di kolom "User Name", tanpa harus mengisi password.

Dengan demikian, sembarang orang jika menemukan komputer yang menjalankan MacOS High Sierra yang layarnya tidak terkunci, bisa mengutak-atik sistem tanpa membutuhkan password.

Bug di MacOS High Sierra, bisa akses sebagai admin dengan mengetik root di User Name tanpa butuh password.Ist Bug di MacOS High Sierra, bisa akses sebagai admin dengan mengetik root di User Name tanpa butuh password.
Kerentanan keamanan ini pertama kali menyebar melalui Twitter. Pengguna Twitter @lemiorhan, Selasa (29/11/2017), mencuitkannya sembari me-mention akun Apple Support.

Lebih parah lagi, dikutip KompasTekno dari Mashable, jika setting screen sharing di komputer yang menjalankan MacOS High Sierra tersebut diaktifkan, maka hacker bisa menyerangnya secara remote (tanpa harus di depan komputer target).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple sendiri dikabarkan telah mengetahui bug ini dan sedang mengupayakan perbaikan.

"Kami sedang menyiapkan update software untuk mengatasi masalah ini," tulis pernyataan resmi Apple.

Untuk pencegahan sementara, Apple meminta pengguna mengubah setting agar root password mencegah akses tak dikenal ke Mac. Untuk melakukannya, Anda bisa mengunjungi halaman Apple Support di tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.