Telkomsel Kuasai Jabotabek-Jabar dengan 45 Juta Pelanggan

Kompas.com - 21/03/2018, 12:18 WIB

KUTA, KOMPAS.COM - Hingga akhir 2017 lalu, Telkomsel area Jabotabek-Jabar memiliki pertumbuhan pelanggan sebesar 19 persen, dengan total jumlah pelanggan mencapai 45,5 juta.

Dari seluruh 45,5 juta pelanggan itu, 68 persennya merupakan pelanggan dari area Jabotabek. Dengan komposisi seperti itu, Telkomsel memimpin pangsa pasar pelanggan seluler dengan raihan 33,5 persen.

Sebelumnya, pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Telkomsel masih berada di kisaran 31 persen.

Corporate Communication Manager Telkomsel Area 2 (Jabotabek-Jabar), Singue Kilatmaka mengatakan, angka tersebut susah untuk dikejar, mengingat persaingan di area Jabotabek-Jabar sangat sengit dengan operator seluler lainnya.

"Dari 31 ke 33 persen itu effort-nya berat, karena Jabotabek-Jabar sering dijadikan barometer pemanfaatan layanan baru," kata Singue di sela jumpa media di Kuta, Bali, Selasa (20/3/2018).

Menurut Singue, pertumbuhan itu didorong oleh pelanggan kartu prabayar. Bahkan, penjualan kartu prabayar pada kuartal IV 2017 lalu, diklaim meningkat hingga 55 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Di daerah-daerah pelosok di area Jabotabek-Jabar, banyak pelanggan prabayar yang tiap bulanya mengisi pulsa mencapai Rp 500.000.

Pelanggan tersebut kebanyakan adalah pelanggan 2G/3G yang masih menggunakan feature phone, dan lebih banyak melakukan panggilan telepon (voice) alih-alih pelanggan data.

Walau pelanggan voice cukup banyak, namun mayoritas pelanggan Telkomsel di area Jabotabek-Jabar telah menjadi pelanggan data, yakni sebesar 56 persen. Jumlah itu naik 43,4 persen dari tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.