Menjajal Kecepatan Internet di Markas Google, Sekencang Apa?

Kompas.com - 10/05/2019, 09:08 WIB
Logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.Yudha Pratomo/KompasTekno Logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Sebagai salah satu perusahaan mentereng yang bergerak di bidang teknologi digital, fasilitas dan infrastruktur internet yang dimiliki Google tentu harus mumpuni.

Nah, bagaimana keadaan koneksi internet di kantor pusat Google di Mountain View, Amerika Serikat? KompasTekno mendapat kesempatan bertandang ke sana dalam rangka konferensi Google I/O 2019 pekan ini.

Kami pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menjajal koneksi di markas sang raksasa internet dan menguji kecepatannya dengan dua aplikasi, yakni nPerf dan Speedtest. Bahan uji cobanya adalah jaringan Wi-Fi publik yang tersedia di lingkungan kantor Google.  

Baca juga: Pencarian Google Search Bakal Tampilkan Gambar 3D

Menurut seorang staf perusahaan yang ditemui di lokasi, Rabu (8/5/2019), Google membagi jaringan internet yang ada di kantor tersebut menjadi dua bagian.

Pertama adalah internet untuk publik atau pengunjung, dan kedua adalah jaringan yang digunakan untuk karyawan internal.

Jaringan internet khusus untuk karyawan, menurut dia, memiliki kecepatan koneksi setidaknya 50 persen lebih tinggi ketimbang jaringan internet untuk publik.

Namun, karena jaringan tersebut hanya dapat digunakan oleh karyawan internal, KompasTekno hanya dapat menguji kecepatan Wi-Fi publik di kantor pusat Google ini.

Hasil uji kecepatan internet lewat Wi-Fi publik di kantor pusat Google di Mountain View, AS, dengan aplikasi nPerf dan Speedtest.KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMO Hasil uji kecepatan internet lewat Wi-Fi publik di kantor pusat Google di Mountain View, AS, dengan aplikasi nPerf dan Speedtest.
Itupun hasilnya ternyata tak mengecewakan. NPerf mencatat kecepatan downlink maksimum sebesar 131,42 Mbps, dengan rata-rata 127,07 Mbps.

Untuk uplink, raihan angkanya hampir 100 Mbps. Speedtest menunjukkan hasil yang lebih tinggi lagi, yakni 148 Mbps untuk download dan upload di kecepatan 209 Mbps.

Baca juga: Menjajal Pixel 3a dan Pixel 3a XL, Ponsel Kelas Menengah dari Google

Lucunya, sang staf yang ditemui tadi mengatakan angka-angka di atas sebenarnya termasuk sedang rendah karena banyak digunakan oleh tamu undangan acara Google I/O 2019. Saat dalam kondisi normal, katanya, kecepatan download bisa menembus kisaran 200 Mbps.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat kualitas jaringan internet di Amerika Serikat memang tergolong paling cepat di dunia, jauh berbeda dari Indonesia yang setia di urutan bawah untuk urusan tersebut.

Pada Februari lalu, lembaga riset OpenSignal menyebutkan Indonesia berada di peringkat ke 72 dari 77 negara dalam hal kecepatan akses internet.

Baca juga: Adu Kecepatan Internet Operator Seluler Indonesia, Siapa Juaranya?



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X