Harga Galaxy A80 dan Galaxy S10e Selisih Rp 1 Juta, Samsung Tak Khawatir?

Kompas.com - 17/07/2019, 19:12 WIB
DJ Koh, President and CEO of IT & Mobile Communications Division at Samsung Electronics, saat memperkenalkan Galaxy A80 dalam acara peluncuran di Bangkok, Thailand, Rabu (10/4/2019).Samsung DJ Koh, President and CEO of IT & Mobile Communications Division at Samsung Electronics, saat memperkenalkan Galaxy A80 dalam acara peluncuran di Bangkok, Thailand, Rabu (10/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Galaxy A80 akhirnya resmi dijual ke Indonesia dengan harga Rp 9,5 juta. Dilihat dari harganya, hanya terpaut Rp 1 jutaan dengan Samsung Galaxy S10e, yang dijual seharga Rp 10,5 juta.

Namun, secara tersirat, Samsung tidak khawatir Galaxy A80 akan menjadi kanibal salah satu flagship-nya itu. Mereka mengatakan konsumen yang disasar antara Galaxy A80 dan S10e berbeda.

"Galaxy A80 ditujukan untuk live generation, terutama di sektor kamera," jelas Irfan Reynaldi.

Samsung Galaxy A80, sebagaimana seri Galaxy A Samsung lainnya, memang menyasar anak muda. Seri ini menyediakan deretan ponsel dengan masing-masing fitur andalan dan harga yang beragam.

Baca juga: Samsung Galaxy A80 Mulai Dijual 18 Juli di Indonesia, Ada Edisi Khusus Blackpink

Menurut Irfan, Galaxy S10e ditujukan untuk konsumen yang membutuhkan ponsel dengan ukuran lebih compact. Ini berbeda dengan yang ditawarkan Galaxy A80 karena memiliki bentang layar lebih besar.

Galaxy S10e memiliki bentang layar 5,8 inci, jauh lebih kecil dibanding Galaxy A80 yang berbentang 6,7 inci. Ukuran layar menjadi fitur yang diunggulkan Samsung Galaxy A80.

Sebab, demi memberikan layar yang lega, Samsung menggunakan mekanisme pop-up rotate camera. Mekanisme ini memungkinkan tiga kamera belakang bisa beralih menjadi kamera depan, dengan cara digeser ke atas (pop-up) dan memutar kamera.

Dengan begitu, hasil kamera belakang akan sama dengan kamera depan. Fitur tersebut adalah hal baru di lini ponsel Samsung Galaxy.

Baca juga: Alasan Samsung Ganti Jack Audio 3,5 mm dengan USB C di Galaxy A80

"Belum ada smartphone lain yang menggunakan mekanisme pop-up lalu berputar. Ini adalah hal baru yang menarik bagi live generation (anak muda)," jelas Irfan.

Selain itu, Samsung Galaxy A80 juga menanamkan beberapa sensor di dalam layar, seperti pemindai sidik jari, speaker, microphone, dan sensor proximity. Hal ini untuk menunjang layar agar tetap lega.

Galaxy A80 juga meniadakan jack audio 3,5 mm. Sebagai gantinya, Samsung menyediakan earphone di dalam kotak kemasan dengan konektor kabel USB type C, kabel yang sama juga bisa dipakai untuk mengisi daya baterai.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X