Apple Tutup Celah Jailbreak iOS 12.4

Kompas.com - 27/08/2019, 12:46 WIB
Ilustrasi iOS 12 di iPhone seri X MacworldIlustrasi iOS 12 di iPhone seri X

KOMPAS.com - Minggu lalu, Apple secara tidak sengaja membuka celah keamanan yang sudah ditambal di perangkat iOS versi 12.4. Celah keamanan atau " bug" itu ditemukan oleh karyawan Google, Ned Williamson yang mencoba membobol iPhone XR miliknya. 

Kode-kode untuk membobol (jailbreak) iPhone pun disebarkan di ranah maya secara gratis oleh akun @pwn20wnd, agar perangkat iOS versi 12.4 bisa lebih longgar keamanannya, seperti dipasangi aplikasi non-AppStore.

Menanggapi hal itu, kini Apple meluncurkan "Emergency Patch" teranyar untuk menambal celah tersebut.

Baca juga: iPhone Kini Bisa Di-jailbreak Lagi

Pembaruan iOS dengan versi 12.4.1 ini secara garis besar memperbaiki sistem Kernel pada perangkat iOS. Adapun masalah sistem Kernel yang ditemukan Apple berbunyi:

"Aplikasi berbahaya mungkin dapat menjalankan sembarang kode dengan seizin sistem, masalah ditangani dengan perbaikan manajemen memori," kata pihak Apple.

Kendati begitu, Apple tidak membeberkan secara rinci apa saja yang diperbarui selain celah jailbreak di atas. Berdasarkan informasi di situs Apple, pembaruan ini sudah dirilis sejak Senin, (26/8/2019) kemarin.

Ponsel yang mendapat pembaruan ini mencakup iPhone 5s ke atas hingga generasi terbaru, iPad Air hingga generasi terbaru, dan iPod touch generasi keenam, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman Support Apple, Selasa (27/8/2019).

Baca juga: Ini Bukti iOS 12 Bikin iPhone 5s, 6s, dan 7 Jadi Lebih Kencang

Pengguna yang memiliki perangkat iOS dengan versi 12.4 disarankan segera memperbarui iOS mereka ke versi 12.4.1 melalui menu "Software Update" di halaman pengaturan (Settings) perangkat mereka masing-masing.

Selain memperbarui versi iOS, Apple juga berterima kasih kepada Ned, yang telah menemukan celah keamanan itu.

Tak ketinggalan, akun Twitter @Pwn20wnd pun dihargai oleh Apple lantaran telah mengembangkan teknik yang bisa membobol iPhone dengan iOS versi 12.4.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X