Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itel S23 Plus Resmi di Indonesia, Punya Kamera "Boba" ala iPhone

Kompas.com - 06/10/2023, 07:33 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Itel Mobile merilis smartphone terbarunya, Itel S23+, di Indonesia pada Kamis (5/10/2023). Itel S23 Plus memiliki desain bagian punggung dengan kamera "boba" ala iPhone. 

Itel S23 Plus tampil dengan layar AMOLED seluas 6,78 inci dan resolusi 1.080 x 2.400 piksel. Layar ini diklaim mendukung refresh rate 240 Hz, memiliki tingkat kecerahan maks 500 nits, rasio screen-to-body 93 persen, dan color gamut DCI-P3 99 persen.

Layar Itel S23+ yang mengadopsi model melengkung (curved screen) di kanan dan kiri ini sudah dilapisi kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass 5. Itel S23 Plus dibekali pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint sensor) sebagai sistem keamanan perangkat.

Terdapat sebuah punch hole di bagian tengah atas yang memuat kamera depan beresolusi 32 MP. Nah, punch hole ini bisa "melebar" seperti Dynamic Island milik iPhone.

Baca juga: Itel P40 128 GB Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Itel S23 Plus juga dilengkapi fitur Dynamic Bar yang punya cara kerja mirip seperti Dynamic Island di iPhone 15 series. Poni layar akan membesar dan mengecil secara dinamis, menyesuaikan aktivitas yang dilakukan penggunaItel Itel S23 Plus juga dilengkapi fitur Dynamic Bar yang punya cara kerja mirip seperti Dynamic Island di iPhone 15 series. Poni layar akan membesar dan mengecil secara dinamis, menyesuaikan aktivitas yang dilakukan pengguna

 

Beberapa informasi yang bisa ditampilkan di punch hole ini di antaranya seperti notifikasi panggilan masuk, pengingat jadwal dan status baterai. 

Di bagian punggung, terdapat tiga bulatan besar "boba" yang diposisikan zig-zag dalam sebuah wadah, mirip seperti milik iPhone.

Namun, di Itel S23 Plus, tidak semua bulatan tersebut merupakan kamera. Itel S23 Plus dibekali satu kamera utama beresolusi 50 MP, satu LED flash, dan satu bulatan lain yang tidak dijelaskan fungsi dan spesifikasinya.

Di sektor dapur pacu, Itel S23 Plus ditenagai oleh chipset Unisoc Tiger T616 (12 nm). Chip terdiri dari delapan inti, masing-masing adalah dua inti dari Cortex-A75 dan enam inti dari Cortex-A55.

Chip ini ditemani RAM 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) 256 GB. RAM ini bisa diperbesar menggunakan fitur “Dynamic RAM” menjadi total 16 GB.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka ItelOS 13. Baterai yang dimiliki sebesar 5.000mAh dan mendukung pengisian daya cepat (fast charging) 18 watt.

Baca juga: Ponsel Murah Itel A60S Resmi di Indonesia, Harga Rp 929.000

Fitur pendukung lainnya mencakup jaringan Wi-Fi, Bluetooth, speaker, USB-C sebagai port pengisian daya dan transfer data, jack audio 3,5 mm, NFC, dan mampu merekam video beresolusi 1.080 piksel dengan frame rate 30 fps, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman resmi Itel, Jumat (6/10/2023).

Harga Itel S23+ di Indonesia

Itel S23 Plus menawaran dua opsi warna, yakni Lake Cyan (gradasi warna pink, kuning, hijau, dan biru) dan Elemental Blue (Biru).

Itel S23 Plus dijual dengan harga normal Rp 2,3 juta di marketplace rekanan. Saat ini Itel masih memberikan potongan harga menjadi Rp 1,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com