Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selebgram Tewas Ditembak setelah Posting Makanan di Instagram

Kompas.com - Diperbarui 10/05/2024, 07:28 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang influencer media sosial asal Ekuador, Landy Parraga Goyburo, tewas ditembak di restoran kota Quevedo, pada Minggu (28/4/2024).

Sebelum kematiannya, Goyburo diketahui mengepos foto dirinya sedang makan siang hidangan gurita ceviche di media sosial Instagram. Akun Instagram kontestan Miss Ecuador 2022 dengan handle @landyparraga.ec saat itu diikuti oleh 173.000 pengguna.

Lokasi Goyburo terekspos lewat unggahan itu, yang kemudian dimanfaatkan oleh dua pria bersenjata untuk melacak dan membunuhnya.

Insiden ini terekam oleh CCTV restoran. Saat itu, perempuan berusia 23 tahun ini sedang makan siang bersama temannya. Lalu, dua pria bersenjata yang tak dikenal memasuki restoran itu dan menembakkan senapan apinya.

Baca juga: Selebgram Raup Puluhan Juta Rupiah dalam Sekali Endorse

Pengunjung restoran panik dan langsung bersembunyi. Goyburo juga berusaha mencari tempat untuk berlindung, tetapi salah satu pria itu langsung menembaknya tiga kali. Setelah itu, kedua pria tersebut langsung melarikan diri.

Dalam rekaman itu, terlihat Goyburo terbaring tidak bernyawa dalam darahnya.

Tidak diketahui motif di balik pembunuhan itu. Spekulasinya, influencer ini diduga berselingkuh dengan pengedar narkoba bernama Leandro Norero. Norero sendiri tewas dalam kerusuhan di penjara pada akhir 2022.

Meski belum dikonfirmasi, pihak kepolisian mencurigai janda dari Norero memerintahkan pembunuhan influencer tersebut.

Spekulasi lainnya mencakup dugaan keterlibatan Goyburo dengan bos geng terkenal, hingga penyelidikan korupsi yang menghubungkan pejabat peradilan dengan kejahatan terorganisasi. Pasalnya, nama Goyburo muncul dalam penyelidikan tersebut.

Pihak kepolisian masih mengusut kasus kriminalitas ini. Akan tetapi, sejauh ini mereka belum mengeluarkan keterangan resmi terkait motif pembunuhan Landy Parraga Goyburo.

Kontestan Miss Ecuador

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LANDY PARRAGA (@landyparraga.ec)

Landy Parraga Goyburo, berusia 23 tahun, saat ini tercatat memiliki 180.000 pengikut di Instagram.

Pengaruh Goyburo cukup luas, mulai dari lini pakaian olahraga hingga partisipasinya dalam kontes kecantikan Miss Ecuador 2022. Dalam kontes ini, Goyburo mewakili provinsi Los Rios.

Namanya mendapat perhatian dalam konteks hukum ketika disebutkan memiliki hubungan dengan pengedar narkoba bernama Leandro Norero. Namun, Goyburo tidak pernah dituduh melakukan kejahatan terkait hal ini, dan tidak pernah berkomentar soal kasus itu.

Kematian Goyburo menyoroti bahaya dari paparan media sosial. Seiring dengan berlanjutnya penyelidikan, komunitas Ekuador dan pengikut Goyburo berduka atas kematian influencer muda ini, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Economic Times, Kamis (9/5/2024).

"Terbang tinggi, ratuku," tulis akun Instagram Miss Ecuador dalam posting Goyburo pada 25 April 2024.

"Ia tidak layak meninggalkan dunia seperti ini. Semoga ia beristirahat dengan tenang," tulis pengguna dengan handle @eandres4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com