Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap Tampang iPhone SE 4, Punya "Poni" dan Tanpa Tombol Home

Kompas.com - 05/03/2024, 09:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Apple diyakini tengah menyiapkan iPhone versi murah dari lini seri iPhone SE. Model yang bakal rilis selanjutnya diduga adalah iPhone SE generasi keempat atau disebut iPhone SE 4.

Model iPhone SE terakhir yang dirilis Apple adalah iPhone SE (2022) alias generasi ketiga, yang meluncur Maret 2022.

Rumor terbaru yang beredar di internet menunjukkan bocoran desain iPhone SE 4. Menurut gambar render CAD yang didapat oleh media teknologi 91Mobiles, iPhone SE 4 bakal hadir dengan desain yang berbeda dari pendahulunya.

Perbedaannya terletak pada aspek layar yang lebih luas dan bezel tipis, serta poni layar alias notch. iPhone SE 4 konon bakal hadir dengan layar 6,1 inci dengan poni dan tanpa tombol home, sehingga lebih modern seperti smartphone kekinian lainnya.

Baca juga: Ini Alasan Pengguna Android Pindah ke iPhone, Menurut Riset

Desain itu jauh berbeda dari iPhone SE (2022) yang masih mengusung desain jadul, dengan bezel tebal dan tombol home fisik. Layar iPhone SE lawas ini juga lebih kecil, yaitu 4,7 inci.

Poni di iPhone SE 4 boleh jadi menjadi wadah bagi sistem kamera TrueDepth seperti di iPhone X. Fitur itu memungkinkan ponsel bisa mengakomodasi sistem otentikasi lewat pemindaian wajah atau disebut Apple, Face ID.

Bila fitur itu benar ada di iPhone SE 4, maka ini menandai kali pertama Face ID hadir di lini seri iPhone SE.

Perbedaan lainnya yang tak kalah menarik yaitu hadirnya port USB-C, menggantikan port Lightning yang selama ini menemani aneka katalog iPhone.

Perubahan ini tak lain demi memenuhi ketentuan Uni Eropa untuk menjadikan port USB-C sebagai port universal pada tahun 2024.

Satu hal yang tak berubah dari iPhone SE 4 dengan pendahulunya, berdasarkan gambar render terbaru, yaitu kamera belakang tunggal. Konfigurasi serupa selama ini juga dipakai Apple untuk iPhone SE.

Bocoran tampang iPhone SE 491Mobiles Bocoran tampang iPhone SE 4

Adapun dimensi iPhone SE 4 kabarnya adalah tinggi 147,7 x lebar 71,5 x ketebalan 7,7 mm.

Bila sejumlah rumor itu akurat, maka iPhone SE 4 akan menjadi iPhone SE pertama dengan layar lebih besar, Face ID, USB-C dan peningkatan lain. Perangkat ini juga bisa jadi menandai tamatnya riwayat iPhone SE yang biasanya hadir dengan desain yang compact.

Baca juga: Layar iPhone Tidak Merespon? Begini Cara Mengatasinya

iPhone SE 4 konon akan dirilis sekitar tahun depan, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (5/3/2024). Kendati begitu, bisa saja Apple meluncurkan ponsel ini pada September 2024, bersamaan dengan iPhone 16 series.

Rumor sebelumnya dari The Elec pada pertengahan Februari lalu juga menyebutkan iPhone SE 4 bakal mengadopsi panel layar OLED dari Samsung Display dan BOE, ketimbang LCD seperti pendahulunya.

Bocoran lainnya menyebutkan bahwa iPhone SE 4 bakal dibekali fitur Dynamic Island ala iPhone 14 Pro. Namun, belum diketahui bagaimana mekanisme fitur ini berjalan bila ponsel juga mengadopsi poni layar. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com