Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jam Main Game Baru Hoyoverse "Zenless Zone Zero", Punya Cerita Menarik Dikemas dengan Apik

Kompas.com - 29/04/2024, 18:05 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Developer sekaligus penerbit game asal China, Hoyoverse tengah mempersiapkan peluncuran game terbarunya yang berjudul Zenless Zone Zero (ZZZ).

Game ini dikabarkan akan meluncur pada 3 Juli 2024. Pemain bakal bisa menikmati game ini di platform mobile (iOS, Android), PC, dan PlayStation 5 (PS5). Pra-pendaftaran (pre-register) sudah bisa dilakukan di situs resmi ZZZ dan berbagai platform terkait.

Sebelum peluncuran resmi game tersebut, developer game Genshin Impact dan Honkai Star Rail ini sudah beberapa kali menguji coba Zenless Zone Zero. Publisher game ini membagikan akses uji coba kepada pengguna yang mendaftarkan diri di situs resminya.

KompasTekno merupakan salah satu pihak beruntung yang mendapatkan akses uji coba tersebut. Kami pun sudah menjajal Zenless Zone Zero versi PC selama kurang lebih delapan jam.

Selama delapan jam itu, kami mencoba berbagai sistem yang ditawarkan Zenless Zone Zero, mulai dari cerita, gameplay, hingga sistem undian (gacha). Catatannya, deretan fitur ini masih dalam tahap uji coba dan bisa diubah saat ZZZ resmi diluncurkan.

Selengkapnya, simak impresi hands-on Zenless Zone Zero kami di bawah ini.

Baca juga: Rabbit R1, Gadget AI Unik dengan Desain Mirip Game Boy

Bermain sebagai Proxy

Di awal permainan Zenless Zone Zero, pengguna diberikan pilihan karakter utama Wise (kiri) dan Belle (kanan).KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Di awal permainan Zenless Zone Zero, pengguna diberikan pilihan karakter utama Wise (kiri) dan Belle (kanan).
Zenless Zone Zero merupakan permainan Action Role Playing Game (ARPG) dengan mekanisme gameplay hack and slash. Artinya, pengguna akan banyak menggunakan senjata jarak dekat (hack/slash) untuk melakukan kombo dan menumpaskan musuh yang menghadang.

Game ini mengambil tempat di perkotaan modern bernama New Eridu, yang hancur oleh bencana yang dikenal sebagai Hollow. Bencana ini mengakibatkan banyaknya monster bernama Ethereal muncul di Hollow.

ZZZ mengajak pemain untuk berperan sebagai Proxy, yakni seorang profesional yang ahli dalam memandu orang menjelajahi labirin Hollow. Ada dua karakter yang bisa dipilih pengguna, yaitu laki-laki bernama Wise dan saudara perempuannya bernama Belle.

Berbeda dari Genshin Impact, duo karakter utama ini tidak digunakan langsung untuk bertempur. Keduanya itu digunakan untuk menjelajahi New Eridu, tetapi nantinya pengguna akan memakai karakter lain dalam combat.

Baik Wise maupun Belle memiliki kepribadian yang lebih "hidup" ketimbang karakter utama di Genshin Impact. Hal ini karena keduanya rutin berbicara, dan kebanyakan dialognya dibuat hidup oleh pengisi suaranya.

Di sisi lain, karakter utama di Genshin Impact terkesan lebih pendiam. Pengguna memang bisa memilih dialog sendiri saat berbincang dengan karakter lain, tetapi karakter bernama Aether atau Lumine itu biasanya hanya berbicara di adegan cutscene.

Metode penyampaian cerita yang beragam

Cutscene di Zenless Zone ZeroKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cutscene di Zenless Zone Zero
Kami merasa Zenless Zone Zero sangat kreatif dalam penyampaian ceritanya. Hal ini dilakukan dengan tiga cara, yakni dengan cutscene, ala buku komik, dan dengan metode visual novel.

Cutscene merupakan metode penyampaian cerita yang cukup populer di dunia game. Adegan ini sifatnya merupakan animasi yang tidak interaktif, sehingga pengguna seolah-olah sedang menonton film.

Metode kedua adalah buku komik. Seperti namanya, pengguna seolah-olah sedang membaca buku komik berwarna. Setiap dialog dalam komik ini bakal menjadi lebih immersive berkat performa pengisi suaranya.

Baca juga: Tanggal Rilis Game Terbaru Hoyoverse Bocor di App Store

Penyampaian cerita ala buku komik di Zenless Zone ZeroKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Penyampaian cerita ala buku komik di Zenless Zone Zero
Ada pula metode penyampaian cerita ala visual novel. Untuk diketahui, visual novel adalah genre sebuah game yang lebih memfokuskan pembacaan teks ketimbang gameplay.

Dalam visual novel modern, biasanya pengguna bisa melihat gambar karakter dilengkapi dengan sebuah kolom dialog di bawahnya. Metode seperti ini juga diadopsi oleh Zenless Zone Zero, dilengkapi juga dengan suara masing-masing karakter.

Penyampaian cerita ala visual novel di Zenless Zone ZeroKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Penyampaian cerita ala visual novel di Zenless Zone Zero
Gameplay dibagi tiga bagian

Gameplay utama Zenless Zone Zero sejatinya bisa dibagi menjadi tiga bagian, yakni mengelilingi kota, menelusuri Hollow lewat sistem Deep Dive (Hollow Deep Dive/HDD), dan melawan musuh di HDD.

Bagian pertama adalah mengelilingi kota New Eridu. Di kota ini, pengguna bisa mengunjungi berbagai toko dan berinteraksi dengan berbagai karakter dalam game.

Pengguna bisa menelusuri kota New Eridu di Zenless Zone Zero.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pengguna bisa menelusuri kota New Eridu di Zenless Zone Zero.
New Eridu menjadi tempat persiapan pengguna sebelum masuk ke Hollow. Toko-toko di kota itu akan memberikan peningkatan atribut kepada pengguna, misalnya restoran Waterfall Soup Noodle Shop yang memberikan peningkatan status (buff) serangan.

Eksplorasi ini sifatnya bukan terbuka (open-world) layaknya Genshin Impact, tetapi lebih terbatas seperti game Persona 5. Artinya, pengguna hanya bisa menelusuri kota ini, dan jika ingin pindah harus melewati layar loading terlebih dahulu.

Menelusuri HDD dan melawan musuh

Sistem Hollow Deep Dive seolah-olah membuat pemain sedang bermain game papan (board game) seperti ular tangga. Setiap papan yang disimbolkan dengan televisi mempunyai efek spesialnya sendiri.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Sistem Hollow Deep Dive seolah-olah membuat pemain sedang bermain game papan (board game) seperti ular tangga. Setiap papan yang disimbolkan dengan televisi mempunyai efek spesialnya sendiri.
Ketika sudah siap, pengguna bakal melakukan Hollow Deep Dive alias memasuki area Hollow yang berbahaya. HDD ini digambarkan mirip seperti papan ular tangga, hanya saja setiap petak papan tersebut disimbolkan dengan televisi.

Di sini, pengguna bisa bebas bergerak ke petak atau televisi berikutnya. Seperti ular tangga, HDD di Zenless Zone Zero juga memiliki petak spesial, yang dibedakan berdasarkan kanal atau gambar pada layar televisi.

Petak ini bermacam-macam, misalnya layar dengan gambar segitiga merah merujuk bahwa petak tersebut memiliki musuh, sedangkan layar dengan kelinci Bangboo berwarna hijau memiliki arti bahwa pengguna bisa memulihkan "darah" (hit points/HP) di petak itu.

Pengguna bertugas untuk mengerjakan misi yang diberikan, misalnya untuk menyelamatkan orang yang tersesat di Hollow, mengalahkan bos yang menantang, dan lain sebagainya. Unsur-unsur tersebut juga disimbolkan dengan televisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com